Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Perkuat Tata Kelola Manajemen jelang Listing Akhir Tahun

Bank Muamalat berencana untuk listing di Bursa pada akhir tahun ini dengan melaksanakan sejumlah persiapan.
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. terus memperbaiki proses bisnis jelang pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia yang direncanakan listing pada akhir tahun ini. 

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan implementasi penerapan Governance, Risk and Compliance (GRC) yang baik tentunya sangat berpengaruh pada kredibilitas perusahaan di pasar dan di mata para pemangku kepentingan.

”Sebagai perusahaan berstatus terbuka dan akan tercatat di BEI, maka perbaikan berkelanjutan [continuous improvement] termasuk aspek kebijakan dan prosedur, produk, proses dan sumber daya manusia. Hal tersebut menjadi bagian penting dalam penerapan manajemen risiko yang lebih baik yang meliputi proses identifikasi, pengukuran, pemantauan dan pengendalian risiko,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Jumat (1/9/2023).

Menurutnya, penerapan ini akan membuat Bank Muamalat dapat mengelola risiko lebih baik, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Lebih lanjut, dalam penerapan GRC, pihaknya juga memanfaatkan teknologi informasi yang andal yang mendukung dalam evaluasi dan pengambilan keputusan yang tepat bagi bank. 

Bank Muamalat pun telah menjalankan sejumlah ketentuan baru dari OJK antara lain terkait tingkat security maturity dan tingkat digital maturity. Selain itu, aspek GRC dikokohkan dengan membangun sinergi antara jajaran dewan komisaris, direksi perusahaan dan juga dewan pengawas syariah.

Upaya tersebut direalisasikan melalui implementasi budaya risiko, komunikasi internal yang baik, kecukupan pelatihan dan sertifikasi terkait manajemen risiko, serta penerapan reward and punishment yang diatur dalam ketentuan perusahaan (Ittifaq).

”Kunci keberhasilan Bank Muamalat dalam penerapan manajemen risiko berlandaskan pada kerangka manajemen risiko, yang dibangun dari nilai-nilai good corporate governance [GCG] dan corporate value serta penguatan risk awareness di seluruh lini kerja bank,” ujarnya.

Dalam catatan Bisnis, aksi ini tidak lepas dari aturan OJK yang mewajibkan perusahaan berstatus terbuka (Tbk.) untuk mencatatkan sahamnya di BEI sesuai dengan POJK No. 3/POJK.04/2021. Bank Muamalat disebutkan mendapatkan relaksasi selama 2 tahun.  

Teranyar, Bank Muamalat meraih penghargaan di ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 atas keberhasilannya dalam penerapan Governance, Risk, and Compliance (GRC) yang diselenggarakan oleh Business News. 

Penilaiannya pun meliputi beberapa aspek, mulai dari kelengkapan sistem dan infrastruktur GRC yang baik serta dianggap berhasil dalam hal implementasi GCG, risk management, dan compliance management untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper