Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Uang Bejibun Belum Tentu Bisa jadi Nasabah Prioritas BCA, Kenapa?

Ternyata tidak sembarangan orang bisa menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire meskipun memiliki uang dalam jumlah besar.
Ilustrasi kartu ATM BCA Prioritas/CekPremi
Ilustrasi kartu ATM BCA Prioritas/CekPremi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mempunyai layanan khusus bagi nasabah tajir yakni BCA Prioritas dan BCA Solitaire. Namun, hanya nasabah undangan saja yang bisa menjadi anggotanya.

Direktur BCA Haryanto Budiman mengatakan jumlah nasabah yang menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire terus berkembang. "Nasabah yang masuk kategori high net worth itu sekitar 300.000, tiap tahun terus tumbuh," katanya dalam konferensi pers BCA Expo 2023 pada Jumat (8/9/2023).

BCA pun berupaya fokus mengembangkan pasar nasabah tajir ini. "Kami memberikan layanan wealth management, mereka [nasabah] jadi bisa beli bond hingga reksadana di BCA," ujarnya.

Bank pun terus berupaya memberikan edukasi melalui layanan wealth management-nya itu agar terhindar dari investasi bodong.

"Masyarakat terbuai dengan tawaran robot trading misalnya, untung 60 persen per bulan. Ada juga 20 persen per bulan interest. Itu enggak mungkin. Maka kami edukasi untuk beli produk yang legitimate," ujar Haryanto. 

Sementara itu, tidak sembarangan orang bisa menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire. Haryanto menjelaskan hanya undangan saja yang bisa masuk sebagai anggota nasabah tajir itu.

"Undangan dari kami, jadi tidak serta merta masuk. Kami punya balance tertentu. Ada kriteria internal yang memang kami terapkan," jelasnya.

Berdasarkan laman resminya, terdapat ketentuan baru keanggotaan BCA Prioritas dan BCA Solitaire per 1 Mei 2023. Selain mendapatkan undangan dari BCA, nasabah harus memiliki total rata-rata saldo simpanan (tabungan+ giro+ deposito) dan investasi dalam 3 bulan terakhir minimal Rp1 miliar untuk BCA Prioritas, serta Rp5 miliar untuk BCA Solitaire. 

Tidak hanya itu, nasabah yang menjadi anggota BCA Prioritas dan Solitaire tidak termasuk ke dalam kategori non-performing loan alias tidak memiliki kredit bermasalah di BCA.

Bank dapat mengakhiri ketentuan anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire apabila nasabah terkena biaya layanan BCA Prioritas sebanyak 6 kali dalam periode 12 bulan. Agar tidak terkena biaya layanan, nasabah prioritas BCA harus memenuhi minimal total rata-rata saldo simpanan dan investasi yang telah ditentukan.

Keanggotaan BCA Prioritas dan BCA Solitaire juga berakhir jika tingkat kolektibilitas kredit nasabah menurun menjadi Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet, serta nasabah tersangkut kasus pidana dan telah ditetapkan sebagai terpidana.

Sebelumnya, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn menjelaskan bahwa undangan menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire bersifat eksklusif.

“Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau WhatsApp, sudah pasti itu penipuan,” tegas Hera kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper