Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Membandingkan Bunga Tabungan Bank Digital, Tertinggi Hingga 6,5 Persen!

Bank konvensional menawarkan bunga tabungan 0 hingga 0,05 persen. Besaran bunga berbeda tajam dengan bank digital yang mencapai 6,5 persen.
Ilustrasi bank digital. /Freepik
Ilustrasi bank digital. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, suku bunga untuk produk tabungan di bank konvensional berada pada tingkat yang sangat rendah, berkisar antara 0,00 hingga 0,05 persen. Besaran bunga ini hanya akan bertambah seiring dengan peningkatan jumlah saldo tabungan yang dimiliki nasabah. 

Bahkan, apabila saldo nasabah berkisar di rentang Rp1 juta hingga Rp50 juta, suku bunga yang berlaku pun 0 persen, dengan kata lain nasabah yang menabung tak mendapat keuntungan apa-apa.

Namun, di sisi lain, bank digital telah muncul sebagai alternatif yang menarik dengan suku bunga tabungan yang jauh lebih menggiurkan. 

Beberapa bank digital bahkan menawarkan suku bunga yang mencapai lebih dari 1 hingga lebih dari 6 persen. Tentu, ini menjadi peluang untuk mengoptimalkan pengembalian investasi mereka dalam dunia perbankan yang semakin terdigitalisasi.

Lantas, mana saja daftar bank digital yang memberikan suku bunga tabungan lebih dari 1 persen hingga terbesar 6,5 persen? Berikut rangkuman Bisnis selengkapnya pada Minggu (10/9/2023)

1. Bank Neo Commerce

Bank Neo menghadirkan  produk yaitu Neo WISH, yaitu tabungan dengan auto-debit yang dapat ditarik setiap saat; dan bunga dibayar harian. Adapun, pilihan tenornya mulai dari harian, minguan dan bulanan dengan suku bunga kompetitif yaitu 6 persen per tahun.

2. Allo Bank

Allo Bank menyediakan sejumlah produk tabungan. Salah satunya, Allo Prime yang menawarkan suku bunga 4 persen per tahun dan tidak ada biaya administrasi bulanan. 

Tak hanya itu, kini Allo Bank juga menyediakan Allo Grow, sebuah tabungan baru, di mana nasabah dapat memperoleh suku bunga yang tinggi hingga mencapai 6,5 persen per tahun dengan menerapkan mekanisme suku bunga berjenjang sesuai dengan jangka waktu penyimpanan. 

Saldo yang disimpan dalam Allo Grow dapat dicairkan dan diambil kapan saja sesuai keinginan, tanpa dikenakan biaya penalti. Allo Grow dapat dibuka oleh Nasabah dengan saldo awal minimal sebesar Rp500.000 Selain itu, Nasabah Allo Grow juga tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. 

3. BCA Digital (blu)

bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount. Dengan 20 jenis tabungan berbeda, nasabah bisa menabung sambil mengatur pos keuangan. bluSaving juga memberikan fitur auto debit yang bisa diatur frekuensinya sesuai dengan nasabah. Adapun, suku bunga tabungan ini mencapai 3 persen per tahun.

4. Bank Raya

Aplikasi Raya Digital Bank menghadirkan 2 jenis produk tabungan, yaitu Saku Jaga yaitu Saku Jaga dan Saku Jaga Optimal.

Saku Jaga

Saku Jaga Optimal

Minimal Setoran Awal

Rp1

Rp50 juta

Jangka Waktu

Tidak ada jangka waktu

1, 3, 6, 12, 24 bulan

Perhitungan Bunga

Bunga berdasarkan tiering saldo

Dihitung harian dan diberikan tiap tgl 20 ke Saku Utama

Bunga berdasarkan jangka waktu kunci

Dihitung harian dan diberikan tiap tanggal 20 ke Saku Utama

Fleksibilitas

Tidak ada jatuh tempo

Saldo Saku yang dihapus dicairkan ke Saku Utama

Jika bunga optimal dinonaktifkan sebelum jatuh tempo, dikenakan pengembalian bunga sebesar total selisih atas bunga Saku Jaga dengan bunga Saku Jaga Optimal yang telah diterima oleh nasabah.

Bunga yang didapat dari Saku Jaga

Saku Jaga

Tiering Saldo

(IDR)

Suku Bunga

(p.a)

<1jt

≥1jt sd. ≤ 10 jt 

>10 jt sd. ≤ 100 jt

>100 jt 

0.50 persen

1.00 persen

2.00 persen

3.00 persen

Bunga yang didapat dari Saku Jaga Optimal 

Saku Jaga Optimal

Jangka Waktu Kunci

Suku Bunga

(p.a)

1 Bulan

3 Bulan

6 Bulan

12 Bulan

24 Bulan

4.00%

4.25%

4.50%

5.00%

6.00%

Bunga Saku Jaga dan Saku Jaga Optimal berlaku per 4 Juli 2023

5. Bank Jago

Bank Jago menghadirkan sejumlah tabungan yang diberikan nama berbeda. Salah satunya, Kantong Terkunci yang fungsi serupa dengan Kantong Nabung, yaitu tempat menyimpan uang. Sesuai namanya, Kantong Terkunci akan mengunci uang selama periode tertentu. 

Kantong Terkunci juga menawarkan bunga yang lebih besar daripada Kantong Nabung, yaitu hingga 5% p.a. yang diperhatikan mirip dengan deposito berjangka.

Hanya saja, Kantong Terkunci lebih fleksibel, di mana durasi penguncian (mulai dari 14 hari) maupun jumlah setoran minimum (mulai dari Rp 100 ribu). Selain itu, nasabah bisa tambahkan uang ke Kantong Terkunci kapan saja, bahkan setelah periode penguncian berjalan.

Tipe Rekening

Suku Bunga

Terhubung dengan partner

Tidak terhubung dengan partner

Kantong Utama

3,75% p.a.

0,5% p.a.

Kantong Bayar

3,75% p.a.

0,5% p.a.

Kantong Nabung

3,75% p.a.

3,75% p.a.

Kantong Terkunci

5% p.a.

5% p.a.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper