Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pivot FIFGroup untuk Bisnis Pembiayaan UMKM Hingga 2030

FIFGroup menyediakan lima jenis produk pembiayaan termasuk salah satunya finatra.
Ilustrasi salah satu produk FIFGroup, Finatra./Istimewa
Ilustrasi salah satu produk FIFGroup, Finatra./Istimewa

Pivot FIFGroup untuk Bisnis Pembiayaan UMKM Hingga 2030

FIFGroup sendiri menyatakan akan mengubah lanskap porsi pembiayaan yang mayoritas akan dimiliki oleh bisnis UMKM Finatra pada 2030. Nantinya, bisnis Finatra menjadi tulang punggung (backbone) di FIFGroup ke depan.

Riezky mengatakan bahwa sampai saat ini baik aset dan profit masih didulang dari produk bisnis FIFAstra yang mencapai 60%. Sedangkan porsi aset yang dikontribusi Finatra terhadap FIFGroup baru menyentuh 10%.

“FIFGroup melirik opportunity pasar baru yang memang punya prospek, yaitu pembiayaan terhadap modal usaha. Roadmap ke depannya, 2030, penginnya Finatra sudah menggantikan posisi dari FIFAstra,” kata Riezky.

Dia menjelaskan bahwa perubahan porsi ini mengingat pangsa pasar otomotif motor yang sudah mengalami stagnasi atau kejenuhan pasar. Apalagi, lanjut dia, saat ini masyarakat didukung dengan moda transportasi ojek online (ojol) yang sudah banyak bisa diakses.

Berkaca dari hal itu, Riezky menuturkan bahwa nantinya baik secara aset maupun revenue, Finatra sudah menjadi porsi yang terbesar di FIFGroup pada 2030.

“Itu secara visi dan misi dari manajemen, roadmap-nya penginnya memang Finatra bisa menjadi backbone FIFGroup nanti,” ungkapnya.

Selain itu, Riezky mengatakan dengan limit pinjaman (plafon) yang ditawarkan Finatra mulai dari Rp25 juta—Rp500 juta diharapkan akan mengambil porsi terbesar dibanding produk FIFGroup lainnya.

“Kalau dilihat dari sisi ini [plafon pinjaman], tentunya kontribusi Finatra diharapkan akan menjadi yang paling besar dibandingkan dengan produk FIFGroup yang lain,” ujarnya.

Hingga saat ini, FIFGroup menyediakan lima jenis produk pembiayaan. Pertama, FIFAstra, yaitu pembiayaan yang bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor baru dan sepeda motor bekas. Kedua, Spektra, yakni pembiayaan elektronik serta perabot rumah tangga.

Produk ketiga adalah Danastra, yaitu pembiayaan multiguna seperti modal kerja, modal nikah, pembiayaan pendidikan, hingga pembiayaan kesehatan. Kemudian yang keempat adalah Amitra, yaitu untuk haji dan umrah. Serta, Finatra yang menyediakan pembiayaan produktif UMKM.

“Segmentasi customer untuk FIFGroup secara perusahaan kami penginnya 2030 Finatra justru yang sudah jadi backbone,” tandas Riezky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper