Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Tips Keuangan agar Gaji Tidak Cepat Habis

Biasakan menabung dan pikirkan tentang berinvestasi untuk meningkatkan kekayaan Anda selama periode waktu tertentu.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar orang merasakan tidak pernah memiliki uang yang cukup. Ini terjadi karena orang tersebut tidak memanajemen uangnya dengan baik.

Hal yang menjadi masalah umum adalah dibatasinya untuk mendapatkan uang tunai. Namun, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya. Gunakan uang Anda dengan bijak dan bertanggung jawab serta prioritaskan pengeluaran berdasarkan kebutuhan.

Dilansir dari Livemint, ini beberapa tips keuangan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Penganggaran

Buat anggaran untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang penghasilan dan pengeluaran Anda. Ini akan membuat Anda disiplin dalam mengatur perencanaan keuangan.

2. Pelacakan pengeluaran

Menurut Perencana Keuangan Bersertifikat Kolonel Rakesh Goyal (Retd), Pendiri dan CEO di Lets Invest Wisely, sebuah perusahaan manajemen keuangan, seseorang harus menyimpan catatan pengeluaran harian untuk melihat di mana mereka dapat melakukan penghematan.

3. Tujuan keuangan

Untuk motivasi, tetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang yang spesifik. Tetapkan tujuan keuangan rеalistik yang selaras dengan aspirasi dan keadaan Anda.

Hindari tеmptation untuk secara radikal mengubah situasi keuangan Anda malam ini. Instеad, sеt achiеvablе milеstonеs yang sеrvе sebagai stеpping stonеs pada perjalanan Anda menuju stabilitas keuangan," kata Ashish Aggarwal, Direktur, Acube Ventures

4. Kebutuhan vs keinginan

Prioritaskan kebutuhan penting daripada keinginan untuk mengelola pengeluaran secara efektif. Suren Goyal, mitra, dari RPS Group menyarankan untuk mengambil pendekatan proaktif untuk perencanaan keuangan, mencapai tujuan ristik, dan memprioritaskan pengeluaran Anda berdasarkan nilai Anda.

"Dengan menyelaraskan tindakan Anda dengan aspirasi Anda, Anda dapat mengambil dari siklus 'nеvеr еnough' dan crеatе a sеnsе of financial fulfillmеnt," kata Goyal

5. Dana darurat

Kolonel Rakesh Goyal (Retd) menyarankan untuk menyisihkan biaya hidup selama tiga hingga enam bulan untuk membuat dana darurat.

6. Investasi dan tabungan 

Biasakan menabung dan pikirkan tentang berinvestasi untuk meningkatkan kekayaan Anda selama periode waktu tertentu. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper