Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Teuku Ali Usman, Corsec Baru Bank Mandiri (BMRI)

Berikut profil singkat Teuku Ali Usman, Sekretaris Perusahaan baru Bank Mandiri (BMRI).
Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Teuku Ali Usman. Dok Bank Mandiri
Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Teuku Ali Usman. Dok Bank Mandiri

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menunjuk sekretaris perusahaan atau corporate secretary baru, yakni Teuku Ali Usman untuk menggantikan posisi Rudi As Aturridha. 

Berdasarkan keterbukaan informasi, Teuku Ali Usman resmi diangkat menjadi Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri terhitung per 1 Desember 2023.

"Bersama ini kami sampaikan informasi pengangkatan Sekretaris Perusahaan baru Perseroan, Saudara Teuku Ali Usman menggantikan Sekretaris Perusahaan perseroan sebelumnya, Saudara Rudi As Aturridha," tulis manajemen, Jumat (1/12/2023).

Lantas, siapa sebenarnya Teuku Ali Usman ini? Berikut profil singkat yang dirangkum Bisnis.

Melansir dari Mandiri Investasi, Teuku Ali Usman merupakan Sarjana Ekonomi dari Universitas Sriwijaya pada 1992. Sayangnya, informasi soal sosoknya sangatlah minim.

Meski begitu, dirinya sudah bergabung dengan Mandiri Investment sebagai Komisaris sejak 14 Maret 2018 berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang dikonfirmasi dalam Akta Notaris No. 68 dan Surat Efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada 20 April 2018.  

Adapun, jabatan sebelum menjadi sekretaris perusahaan, dia menjabat sebagai Chief Executive Officer Wilayah V/Jakarta 3 sejak September 2015. 

Karier Teuku Ali Usman dimulai di EXIM Bank pada1995 hingga 1998, setelah itu dirinya melanjutkan karir di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan berbagai jabatan, antara lain Global Market & Sales (1999– 2001); Professional Staff Treasury Marketing (2001–2005); Team Leader Portfolio & Trading (2005–2006);  

Tak hanya itu, jabatan sebagai Departement Head Consumer Banking Treasury (2007–2008) pun sempat dirinya lakoni. Usai menjabat sebagai Head Consumer Baking, dirinya juga pernah dipercaya untuk menangani sejumlah wilayah

Misal, Area Manager Bekasi (2009–2010); Area Manager Surabaya Niaga (2011–2012); Deputy Regional Manager I Medan (2013); Regional Manager I Medan (2014) hingga akhirnya menjadi Regional Chief Executive Officer VI/Jawa 1 (2015). 

Nantinya, sebagai Sekretaris Perusahan Bank Mandiri, Teuku bakal bertanggung jawab langsung kepada Direksi dan berada di bawah supervisi Direktur Utama yang mempunyai tugas.

Dia juga harus bertindak sebagai mediator Bank dengan para pemangku kepentingan seperti regulator, investor, dan masyarakat luas, khususnya hal yang terkait dengan pasar modal untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bagian dari implementasi Tata Kelola Perusahaan yang baik (GCG). 

Selain itu Sekretaris Perusahaan bertanggungjawab untuk senantiasa menjaga citra baik Bank di mata para pemangku kepentingan secara luas.

Adapun, posisinya memang menggantikan Rudi As Aturridha yang diangkat oleh Kementerian BUMN sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan PT Kereta Api Indonesia (Persero).  Hal ini tertuang berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-322/MBU/11/2023 tanggal 28 November 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper