Cara Bayar Pakai QRIS di Aplikasi BRImo, Mudah dan Praktis

Saat ini sistem pembayaran menggunakan kode QR menjadi tren di industri keuangan.
Foto: Cara Bayar Pakai QRIS di Aplikasi BRImo, Mudah dan Praktis
Foto: Cara Bayar Pakai QRIS di Aplikasi BRImo, Mudah dan Praktis

Bisnis.com, JAKARTA – Anda termasuk golongan orang yang malas membawa uang tunai dalam bepergian? Yes, Anda tidak sendiri. Kini banyak orang enggan membawa uang tunai di dalam dompet atau saku baju.

Zaman telah berubah, terjadi pergeseran perilaku masyarakat di era digital dewasa ini. Teknologi terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Menyediakan fasilitas pembayaran secara nontunai.

Saat ini sistem pembayaran menggunakan kode QR menjadi tren di industri keuangan. Bank Indonesia telah mengadopsi model tersebut dan merilis standar pembayaran berupa Quick Response Code Indonesian Standard​ (QRIS) pada 17 Agustus 2019.

QRIS telah memiliki berbagai fitur yang semakin memudahkan pengguna dan pedagang/merchant, antara lain QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM) (2020), QRIS Consumer Presented Mode (CPM) (2021), dan QRIS Antar Negara (2022).

Saat ini terdapat sejumlah fitur QRIS, seperti tarik tunai, transfer dan setor tunai (Tuntas). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI menjadi salah satu pionir dalam penggunaan transaksi berbasis QRIS.

Sistem transaksi berbasis QRIS ditanam dalam BRImo ini menjadi terbesar di Tanah Air. Pada 2019, jumlah pengguna baru mencapai 2,9 juta. Kini angkanya per Oktober 2023 menembus 30 juta.

Hal ini sebagai bukti bahwa BRImo menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi, dengan adanya QRIS, bukan hanya kemudahan yang diberikan kepada nasabah, melainkan praktis dan aman.

Bagi Anda yang belum mengunduh BRImo, baik nasabah BRI maupun bukan nasabah, dapat membuka link ini untuk mengetahui cara mendaftar : Cara Gampang Daftar BRImo, Login via HP Tanpa ke Bank!

Keutungan menggunakan BRImo cukup , salah satunya adalah fitur unggulan fast menu, yaitu layanan transaksi cepat dan sesuai dengan yang diinginkan nasabah.

Contohnya, jika Anda sedang transaksi, dapat langsung memilih fast menu QRIS untuk mempercepat dan mempermudah pembayaran.

Berikut ini 5 langkah mudah melakukan pembayaran dengan memakai QRIS di BRImo :
1. Buka aplikasi BRImo.
2. Berikutnya klik ikon QRIS dan scan QR code yang ada pada merchant.
3. Pastikan nama merchant sudah sesuai, kemudian pilih sumber dana, dan klik OK.
4. Masukan nominal pembayaran, bila belum tersedia di layar.
5. Pastikan detail pembayaran, selanjutnya dapat klik bayar dan PIN untuk menyelesaikan proses pembayaran menggunakan QRIS di BRImo.

Mudah bukan melakukan pembayaran menggunakan QRIS di BRImo? Oh iya, dalam menggunakan QRIS di BRImo, nasabah dapat memakai dua cara.

Pertama, menunjukkan QRIS pada merchant pada menu QRIS Tampil, dan pihak merchant akan melakukan pemindaian. Kedua, Customer Presented Mode (CPM) yang didukung dengan adanya fitur QR pedagang, sehingga langsung tanpa perlu device tambahan.

Itulah cara bertransaksi menggunakan QRIS di BRImo. Bagi Anda yang belum memiliki BRImo, ayo segera  download melalui Play Store, Apple Store dan AppGallery untukmendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.

Pembayaran lebih higienis, karena tidak perlu bersentuhan tangan, dan yang terpenting lebih cepat, tidak perlu menunggu kasir memberikan uang kembalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper