Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Perusahaan Modal Ventura dengan Penyaluran Terbesar, MBK Ventura Rp4,3 Triliun

Ada 10 dari 54 perusahaan modal ventura yang mencatatkan penyaluran terbanyak.
ilustrasi venture capital/unsplash
ilustrasi venture capital/unsplash

Bisnis.com, JAKARTA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat outstanding penyaluran perusahaan modal ventura mencapai Rp17,39 triliun per November 2023. Perinciannya penyaluran konvensional mencapai Rp16,78 triliun dan  penyaluran syariah Rp610 miliar. 

Angka tersebut melesat 105,5% apabila dibandingkan dengan penyaluran pada 2018 yang hanya mencapai Rp8,46 triliun.  Ada 10 dari 54 perusahaan modal ventura yang mencatatkan penyaluran terbanyak.

Pertama ada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBK Ventura) dengan total penyaluran Rp4,3 triliun. Perusahaan modal ventura ini berfokus untuk memberikan modal kerja kepada perempuan berpenghasilan rendah untuk menyediakan layanan keuangan formal dan hemat biaya, untuk mengurangi kerentanan mereka, dan meningkatkan kehidupan mereka. 

Hal tersebut sejalan dengan tujuan MBK yang ingin berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan pemerintah, khususnya dalam memerangi kemiskinan dan memberdayakan perempuan. Berikutnya ada PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) dengan total penyaluran Rp2,85 triliun per November 2023. 

Anak usaha Bank Mandiri tersebut berfokus pada pembiayaan kepada teknologi finansial (tekfin). Perusahaan melakukan investasi serta berkolaborasi dengan perusahaan teknologi, serta menjembatani portofolio mereka untuk bersinergi dengan Mandiri Group dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Beberapa portofolio MCI antara lain Yokke, PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN), LinkAja, FitAja, Goto, Bukalapak, Privy, ayoconnect, Kecilin.ID, AgriAku, Crowde, Mekari, Sinbad, Qoala, Investree, KoinWorks, Amartha, iSeller, Greenhope, Cakap, Delos, dan Fishlog. 

Urutan ketiga ada BRI Ventura Investama (BRI Ventures) yang memiliki total penyaluran Rp1,58 triliun. Kegiatan usaha yang dijalankan BRI Ventures utamanya berfokus pada penyertaan modal kepada perusahaan atau orang perseorangan dalam tahap rintisan awal (start-up) baik di Indonesia maupun regional. Urutan berikunya ada PNM Venture Capital dengan penyaluran, Rp1,31 triliun PT Esta Dana Ventura Rp1,15 triliun, Bina Artha Ventura Rp1,14 triliun, Celebes Artha Ventura Rp1,07 triliun, Bahana Artha Ventura Rp510 miliar, PT Permodalan Nasional Madani Ventura Syariah Rp440 miliar, dan PT Central Capital Ventura Rp320 miliar. 

Penyaluran modal ventura telah diberikan kepada sekitar 2,28 juta pasangan usaha yang 1,71 juta di antaranya berlokasi di Pulau Jawa, 573,07 ribu di luar Pulau Jawa, dan 44 di luar negeri. Lebih dari 98% dari pasangan usaha tersebut adalah debitur pembiayaan. Sekitar 1,88 juta di antaranya adalah pasangan usaha yang bergerak di sektor perdagangan baik besar maupun eceran. 

Berikut rangkuman 10 besar perusahaan modal ventura dengan penyaluran terbanyak: 

  1. PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBK Ventura) Rp4,3 triliun

  2. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) Rp2,85 triliun

  3. BRI Ventura Investama (BRI Ventures) Rp1,58 triliun 

  4. PNM Venture Capital Rp1,31 triliun

  5. PT Esta Dana Ventura Rp1,15 triliun

  6. Bina Artha Ventura Rp1,14 triliun

  7. Celebes Artha Ventura Rp1,07 triliun

  8. Bahana Artha Ventura Rp510 miliar 

  9. PT Permodalan Nasional Madani Ventura Syariah Rp440 miliar 

  10. PT Central Capital Ventura Rp320 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper