Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Korporasi BCA (BBCA) Moncer, Ini Faktor Pendorongnya

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mencatat kredit korporasi mencapai Rp368,7 triliun per Desember 2023, tumbuh 15% secara tahunan.
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mencatat kredit korporasi mencapai Rp368,7 triliun per Desember 2023, tumbuh 15% secara tahunan dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp320,5 triliun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebut pertumbuhan tersebut terdorong oleh penyaluran dana ke sektor pertambangan yang memiliki nilai cukup besar.  

“Itu [pertambangan] merupakan salah satu driver dari perkembangan kredit untuk korporasi di tahun 2023, sehingga kredit korporasi bisa naik 15%,” ujarnya dalam Paparan Kinerja, Kamis (25/1/2024). 

Sementara itu, Direktur BCA Rudi Susanto menyebut untuk terus menumbuhkan kredit, ke depan perseroan terus mengharapkan adanya kenaikan permintaan kredit dari infrastruktur. “Untuk infrastruktur selama ini agak sepi ya di 2022 dan 2023. Jadi, kita harapkan ada permintaan untuk infrastruktur di 2024,” ucapnya. 

Sebelumnya, BBCA juga terus mendorong pembiayaan dalam upaya hilirisasi industri tambang sehingga berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, mengatakan bahwa BCA sebagai bagian dari perbankan nasional pada prinsipnya akan mendukung rencana pemerintah termasuk dalam upaya hilirisasi industri tambang. Salah satu cara yang dilakukan BCA yakni menggenjot pembiayaan di sektor tersebut. 

"Upaya ini dilakukan juga untuk meningkatkan nilai tambah produk pertambangan dalam negeri sehingga berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional," kata Hera kepada Bisnis beberapa waktu lalu. 

BCA juga memiliki sejumlah portofolio pembiayaan ke sektor yang bergerak pada hilirisasi industri pertambangan. Namun, dia tidak menyebutnya nilai pembiayaanya. 

"Ke depan, kami melihat prospek kredit untuk sektor ini masih cukup baik, khususnya untuk mendukung ekosistem industri mobil listrik," ujarnya. 

Hera juga mengatakan bahwa upaya mendorong kredit pada hilirisasi industri tambang disesuaikan dengan pembiayaan berkelanjutan perseroan

"Kami juga terus mendorong portofolio kredit keuangan berkelanjutan," ujarnya.

Tercatat, penyaluran kredit ke sektor-sektor berkelanjutan tumbuh 10,6% secara tahunan menjadi Rp202,6 triliun per Desember 2023, di atas target pertumbuhan 9%, dan berkontribusi 24,8% terhadap total portofolio pembiayaan BCA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper