Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geliat BCA hingga CIMB Niaga Tebar Promo Dongkrak Kredit Konsumer Jelang Ramadan

Sejumlah bank seperti CIMB Niaga dan BCA menawarkan berbagai promo untuk mendongkrak kredit konsumer menjelang Ramadan dan Lebaran.
Nasabah beraktivitas di CIMB Niaga Digital Lounge di Jakarta, Sabtu (10/12/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Nasabah beraktivitas di CIMB Niaga Digital Lounge di Jakarta, Sabtu (10/12/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah bank seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) bergeliat mendongkrak kredit konsumer mereka menjelang ramadan serta lebaran tahun ini melalui strategi tebaran promo.

CIMB Niaga misalnya menggelar pameran travel atau Cathay Pacific Travel Fair 2024 serentak di Gandaria City, Jakarta dan Tunjungan Plaza 6, Surabaya selama empat hari, mulai Kamis (29/2/2024) hingga Minggu (3/3/2024).

Dalam pameran tersebut, CIMB Niaga menebar promo bagi pemilik kartu kredit, kartu syariah iB, dan kartu debit CIMB Niaga. Nasabah yang membeli tiket pesawat Cathay Pacific dengan menggunakan kartu kredit premium misalnya berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1,4 juta, serta extra cashback hingga Rp600 ribu untuk nasabah CIMB Preferred/CIMB Private Banking dan XTRA Savers Valas.

Nasabah juga bisa mendapatkan cicilan 0% sampai 12 bulan dan hemat hingga 100% dengan menukarkan Poin Xtra CIMB Niaga yang sudah dimiliki.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan melalui pameran tersebut, CIMB Niaga ingin memberikan pengalaman bertransaksi yang praktis dan menguntungkan bagi nasabahnya. "Dengan promo-promo eksklusif yang kami berikan di pameran ini, perjalanan ke luar negeri menjadi lebih hemat dan menyenangkan,” katanya dalam keterangan tertulis pada Kamis (29/2/2024).

Sementara, BCA menggelar event BCA Expoversary 2024 dengan menebar sederet promo bunga spesial untuk mendongkrak kredit hunian hingga kendaraan bermotor.

BCA Expoversary sendiri merupakan event tahunan yang rutin digelar BCA sejak 2016. Pada tahun ini, BCA Expoversary digelar secara hybrid. 

Selama empat hari gelaran BCA Expoversary 2024 offline, BCA memberikan berbagai penawaran spesial, di antaranya suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) 2,67% per tahun, fix 1 tahun dengan diskon asuransi jiwa 10% serta diskon biaya administrasi 50%.

Terdapat pula bunga spesial kredit kendaraan bermotor (KKB) 2,67% flat per tahun tenor 1 tahun dan program DP 0% untuk KKB serta kredit sepeda motor (KSM) BCA. 

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan event BCA Expoversary 2024 diharapkan mampu mendongkrak kinerja kredit perseroan pada 2024. Promo yang ditebar juga dinilai mampu meningkatkan permintaan kredit.

"Setiap tahun ada expo yang menggairahkan kredit konsumer," katanya dalam acara konferensi pers BCA Expoversary 2024 pada Kamis (29/2/2024).

Ketua Panitia BCA Expoversary 2024 sekaligus Direktur BCA Finance Petrus Karim juga optimistis gelaran BCA Expoversary 2024 akan ramai peminat karena bertepatan menjelang momen ramadhan dan lebaran. "Sengaja kami adakan secepat mungkin justru dalam rangka menyambut ramadhan dan lebaran. Kami mengerti kebutuhan nasabah. Banyak yang perlu kebutuhan lebaran," ujarnya.

Selain itu, PT Bank Mega Tbk. (MEGA) mendorong bisnis konsumer, termasuk membidik volume transaksi kartu kredit mencapai Rp75 miliar melalui event bertajuk Mega Travel Fair 2024. 

Wakil Direktur Utama Bank Mega Diza Larentie mengatakan melalui ajang Mega Travel Fair 2024, pemegang kartu kredit Bank Mega berkesempatan berlibur ke destinasi lokal maupun mancanegara melalui berbagai penawaran promo.

Di antara tawaran promo adalah diskon tiket pesawat Rp1,25 juta untuk seluruh pemegang kartu kredit Bank Mega, termasuk nasabah pemilik kartu kredit MegaFirst Infinite, Mega Platinum Card & Mega Travel Card untuk minimal transaksi Rp20 juta. Lalu, ada diskon Rp500.000 dengan minimal transaksi Rp10 juta, dan diskon Rp250.000 dengan minimal transaksi 5 juta.

Sementara, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) mengandalkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 untuk merangkul nasabah baru. BDMN membidik pertumbuhan nasabah hingga 20% pada IIMS 2024 dibandingkan dengan acara yang sama tahun lalu.  

Dari sisi penyaluran kredit, BDMN menargetkan raupan kontribusi hingga 30% hingga 40% dari total penyaluran kredit yang disalurkan selama IIMS 2024.

Sejumlah bank tersebut bergeliat mendongkrak kredit konsumer menjelang ramadan dan lebaran tahun ini. Sebelumnya, Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah mengatakan bahwa dampak momentum ramadan dan lebaran memang akan berdampak besar terhadap tingkat konsumsi masyarakat.

“Oleh karena itu, permintaan pembiayaan khususnya pembiayaan untuk konsumsi akan juga tumbuh lebih tinggi," ujarnya kepada Bisnis.

Bank Indonesia (BI) juga dalam Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan mencatat permintaan kredit dari sektor rumah tangga seperti KPR hingga kredit kendaraan bermotor pada awal tahun atau Januari 2024 sudah bergeliat.

Hal ini terindikasi dari responden rumah tangga yang melakukan penambahan pembiayaan melalui utang atau kredit pada Januari 2024 sebesar 12,1% dari total responden, tumbuh dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 11,9%.

"Sumber utama pemenuhan pembiayaan rumah tangga pada Januari 2024 berasal dari pinjaman bank umum dengan pangsa sebesar 35%," tulis BI dalam laporannya pada Senin (26/2/2024).

Adapun, mayoritas pembiayaan yang diajukan oleh responden rumah tangga pada Januari 2024 adalah kredit multiguna sebesar 39,3%, menurun dibandingkan bulan sebelumnya 41,5%. 

Di sisi lain, permintaan KPR yang mencapai 8,5% responden pada Januari 2024, bergeliat dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 8%.

Permintaan kredit kendaraan bermotor yang mencatatkan 22,7% responden pada Januari 2024 juga naik dibandingkan bulan sebelumnya 20,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper