Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Melunasi Jeratan Utang Pinjol, Anti Gagal Bayar (Galbay)!

Terjerat utang pinjaman online menjadi beban finansial bagi yang mengalaminya. Berikut tips cara melunasi utang pinjol dengan bijak.
Cara melunasi utang pinjaman online yang menumpuk dengan bijak. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Cara melunasi utang pinjaman online yang menumpuk dengan bijak. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Terjerat utang pinjaman online (pinjol) bisa menjadi beban tersendiri bagi yang mengalaminya. Tidak hanya karena jumlah utang yang harus dibayarkan, akan tetapi bunga atau denda yang bisa memperburuk keadaan. Solusi melunasi utang pinjol bisa dilakukan dengan manajemen keuangan yang baik dan teratur. Pahami cara melunasi utang pinjol yang menumpuk di bawah ini.

Di tengah kehidupan yang serba cepat dan kebutuhan uang yang semakin mendesak, pinjaman online atau pinjol telah menjadi solusi yang mudah diakses bagi banyak orang.  Akan tetapi, keterbatasan pendapatan membuat sebagian orang mengambil pinjaman baru untuk menutup utang lama dengan berharap terjadi perubahan keadaan mendapat pemasukan tambahan.

Solusi yang seringkali berdampak buruk karena akhirnya metode gali lubang tutup lubang ini menemui jalan buntu. Pendapatan tambahan tidak sebesar yang direncanakan. Akibatnya, utang menjadi bertumpuk dan akhirnya sulit untuk dibayarkan. 

Cara Melunasi Utang Pinjol

Untuk keluar dari kondisi utang pinjaman online ini, dibutuhkan kebijaksanaan dan semangat untuk menyelesaikan utang yang ada. Beberapa langkah untuk melunasi utang pinjol yakni:

1. Buat Daftar Utang

Identifikasi semua utang pinjol yang dimiliki, termasuk jumlah pinjaman, bunga, dan jatuh tempo pembayaran.

2. Berkomunikasi dengan Perusahaan Pemberi Pinjaman

Pilihan ini sulit diambil oleh sebagian orang karena merasa akan diintimidasi. Meski demikian, dengan membawa pihak keluarga atau rekan yang mampu bernegosiasi jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman. Mereka mungkin bersedia mengatur pembayaran yang lebih fleksibel atau memberikan opsi restrukturisasi utang.

3. Lakukan Negosiasi

Cobalah untuk bernegosiasi dengan pemberi pinjaman untuk mengurangi jumlah utang atau menawarkan skema pembayaran yang lebih terjangkau.

4. Cari Tambahan Pendapatan

Untuk mempercepat proses pelunasan, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan.

5. Prioritas Pembayaran Utang

Mulailah dengan melunasi utang yang memiliki bunga tertinggi terlebih dahulu untuk menghindari akumulasi bunga yang lebih tinggi.

Melunasi Utang dengan Metode Debt Snowball

Ada berbagai cara untuk melunasi utang pinjol. Mulai dari cara sederhana sampai yang rumit. Pinjaman bank hingga pinjam kerabat. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang adalah debt snowball. 

Lantas, apa itu debt snowball? Metode debt snowball adalah cara membayar utang dengan membuat daftar utang dari yang paling kecil hingga besar. Dikutip dari Investopedia, Selasa (25/3/2024) debitur harus menyisihkan uang untuk membayar utang, di mulai dari utang yang terkecil. 

Pembayaran tagihan bulanan tetap dilakukan sesuai dengan jumlah minimunnya. Seorang penyiar radio Dave Ramsey menyarankan metode ini agar para debitur memiliki keuangan yang sehat. Selain penyiar, Ramsey menulis buku mengenai program untuk keluar dari utang.

Hukum Utang Pinjol dalam Islam

Terkait hukum pinjol sendiri, pada November tahun 2021 lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan Ijtima' Ulama yang dalam salah satu poinnya membahas pinjol.

Dikutip dari laman MUI, disebutkan dasarnya transaksi pinjam meminjam merupakan akad (kontrak) saling tolong menolong antar sesama.

Karena prinsip akad pinjam meminjam adalah tolong menolong membantu sesama, Ijtima' Ulama MUI dengan tegas mengharamkan segala jenis bentuk pengambilan keuntungan dari akad pinjam meminjam baik secara online maupun offline. Alasannya, hal ini termasuk riba. 

Lebih lanjut, Ijtima' Ulama berpendapat bahwa memberikan ancaman fisik atau membuka rahasia (aib) seseorang yang tidak mampu membayar utang adalah haram.  Adapun memberikan penundaan atau keringanan dalam pembayaran utang bagi yang mengalami kesulitan, merupakan perbuatan yang dianjurkan (mustahab).

Dijelaskan juga, bila orang yang telah meminjam sudah memiliki ganti, haram baginya menunda pembayaran utang. 

Akhirnya, melunasi utang pinjol bukanlah hal yang mudah, namun dengan langkah-langkah yang tepat dan kesadaran akan tanggung jawab, Anda dapat mengatasi masalah ini. Selalu ingat untuk melihat pada prinsip-prinsip keuangan yang baik dan, bagi yang beragama Islam, memperhatikan aspek kepatuhan syariat dalam melunasi utang.

Demikian informasi lengkap mengenai cara melunasi utang pinjol yang menumpuk dengan bijaksana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper