SeaBank Jadi Bank Terbaik Urutan Ketiga di Indonesia Versi Forbes

Majalah Forbes merilis daftar bank terbaik di Indonesia tahun 2024. Deretan bank BUMN hingga swasta masuk ke dalam daftar tersebut
Foto: SeaBank Jadi Bank Terbaik Urutan Ketiga di Indonesia Versi Forbes
Foto: SeaBank Jadi Bank Terbaik Urutan Ketiga di Indonesia Versi Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Majalah Forbes merilis daftar bank terbaik di Indonesia tahun 2024. Deretan bank BUMN hingga swasta baik bank konvensional maupun bank dengan layanan digital berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

Peringkat bank terbaik versi Forbes didapatkan melalui survey kepada nasabah dengan menyampaikan kepuasan terhadap layanan bank serta apakah nasabah mau merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain. Nasabah lalu akan mengurutkan berdasarkan beberapa kriteria seperti tingkat kepercayaan bank, biaya dan bunga bank, pelayanan nasabah (customer service), layanan digital (kemudahan beraktivitas melalui website maupun aplikasi), serta informasi keuangan yang tersedia.

Tiga bank yang menempati posisi puncak adalah Bank Central Asia (BCA) di posisi pertama, Bank Mandiri di posisi kedua, serta SeaBank Indonesia yang ada di posisi ketiga sekaligus menjadi bank dengan layanan digital yang menempati peringkat tertinggi dalam daftar ini.

Berikut daftar 10 bank terbaik di Indonesia versi Forbes di 2024:

  1. Bank Central Asia
  2. Bank Mandiri
  3. SeaBank Indonesia
  4. Jago
  5. Raya Bank
  6. Bank Negara Indonesia
  7. United Overseas Bank (UOB)
  8. Bank Permata
  9. CIMB Niaga
  10. DBS

Capaian Positif SeaBank Sepanjang Tahun 2023

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang dirilis di laman resmi SeaBank, sepanjang tahun 2023 laba operasional SeaBank melonjak dari Rp62,8 miliar di akhir tahun 2022 menjadi Rp288,97 sepanjang tahun 2023. Kenaikan signifikan juga terlihat dari laba kotor perusahaan yang naik dari Rp59,54 miliar di 2022 menjadi Rp308,78 miliar di tahun 2023, sedangkan laba bersih di tahun 2023 tercatat Rp241,47 miliar. Peningkatan laba kotor dipengaruhi oleh strategi bisnis bank yang efektif dan efisien.

Capaian lain yang diraih SeaBank adalah jumlah nasabah yang menembus rekor baru. Sejak resmi beroperasi di 2021 hingga akhir 2023, SeaBank telah berhasil mengumpulkan 10 juta nasabah di seluruh Indonesia mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Dari segi produk, aplikasi SeaBank juga rata-rata mendapatkan rating tinggi 4.9 di Apps Store dan Google Play Store yang diartikan sebagai pengalaman baik nasabah selama menggunakan aplikasi SeaBank.

Sepanjang tahun 2023, SeaBank juga mencatat rata-rata ada 2,5 juta transaksi harian yang dilakukan nasabah. Jumlah transaksi tersebut diantaranya terdiri dari transfer sesama dan antar bank, pembayaran tagihan, hingga pembayaran transaksi dengan fitur QRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper