Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Great Eastern Luncurkan Produk Saham Berbasis ESG

Great Eastern Life Indonesia meluncurkan GreatLink SustAInability Equity Fund dengan underlying aset saham berbasis ESG.
Ilustrasi investasi dengan instrumen berbasis ESG. Dok. Freepik
Ilustrasi investasi dengan instrumen berbasis ESG. Dok. Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Great Eastern Life Indonesia meluncurkan GreatLink SustAInability Equity Fund – sub dana yang mengoptimalkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengelolaan investasinya pada saham-saham yang mempertimbangkan aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan yang baik di Bursa Efek Indonesia.

GreatLink SustAInability Equity Fund merupakan alternatif pilihan dana investasi bagi nasabah yang ingin mendapatkan tingkat hasil investasi yang optimal dengan tingkat risiko tinggi untuk investasi jangka panjang. Untuk penempatan investasi pada GreatLink SustAInability Equity Fund sebagian besar pada instrumen ekuitas dengan alokasi minimal 80% pada efek ekuitas dan maksimal 20% pada pasar uang.

“Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund yang berinvestasi pada saham-saham yang berfokus pada ESG dengan didukung oleh teknologi AI, serta perubahan strategi alokasi investasi GreatLink Balanced Fund, kinerja investasi akan menjadi lebih optimal,” tutur Nina Ong, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, dalam siaran pers Rabu (15/5/2024).

Bursa Efek Indonesia (BEI) itu sendiri telah meluncurkan indeks saham berbasis aturan ESG yang bernama IDX ESG Leaders 1 pada 14 Desember 2022. Indeks tersebut mengukur kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menerapkan praktik ESG atau yang disebut dengan perusahaan berisiko ESG rendah.

Filter utama daftar emiten yang masuk ke dalam Indeks IDX ESG Leaders ialah perusahaan-perusahaan yang memiliki skor risiko rendah atau rating ESG dari Sustainalytics. Hasilnya,44% perusahaan emiten di BEI dengan risiko ESG rendah mengalami apresiasi Harga saham yang lebih tinggi dibandingkan emiten lainnya.

Dari sisi profil risiko nasabah, selain untuk nasabah yang ingin berinvestasi pada saham berindeks ESG Leaders IDX, GreatLink SustAInability Equity Fund dirancang untuk nasabah produk Unit Link dengan profil risiko agresif yang memiliki tujuan jangka panjang.

Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund, Great Eastern Life Indonesia tidak hanya menawarkan sebuah pilihan dana investasi yang menggabungkan ESG dan teknologi AI, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap masa depan yang lebih baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Selain meluncurkan pilihan dana investasi baru GreatLink SustAInability Equity Fund, Great Eastern Life Indonesia juga melakukan perubahan strategi alokasi investasi pada GreatLink Balanced Fund, salah satu pilihan dana investasi yang telah ada sebelumnya.

Perubahan strategi ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi pasar keuangan dan proyeksi ke depan. Penempatan investasi GreatLink Balanced Fund kini difokuskan pada instrumen pendapatan tetap seperti Obligasi dan Pasar Uang untuk menjaga nilai pokok investasi nasabah.

Strategi tersebut ialah menetapkan komposisi efek ekuitas sama dengan atau kurang dari 79%, 1%-79% pada obligasi, dan 1%-79% pada pasar uang.

Meskipun fokus utama dialihkan ke instrumen pendapatan tetap, GreatLink Balanced Fund tetap akan mencari peluang untuk berinvestasi di sektor Efek Ekuitas secara selektif.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi pengembalian investasi dalam jangka menengah dan panjang. Perubahan strategi investasi GreatLink Balanced Fund ini merupakan salah satu bentuk komitmen Great Eastern Life Indonesia dalam memastikan nasabah mendapatkan manfaat optimal dari produk Unit Link.

Masyarakat juga dapat memilih dana investasi GreatLink SustAInability Equity Fund maupun GreatLink Balanced Fund pada produk GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection melalui Bank OCBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper