Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pembayaran Dividen Buana Finance (BBLD) 2024 Sebesar Rp32,9 Miliar

Pembayaran dividen tunai ke rekening investor dilakukan pada 12 Juni 2024 mendatang.
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor./ Dok Freepik
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten leasing PT Buana Finance Tbk. (BBLD) membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2023 mencapai Rp20 per saham dengan total Rp32,9 miliar.

Dividen tunai tersebut akan dibagikan secara proporsional kepada para saham yang berkasih sesuai dengan daftar pemegang saham pada 3 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

Keputusan tersebut berdayakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 yang digelar pada 20 Mei silam.

“Menyetujui penetapan laba bersih tahun buku 2023 perseroan sebesar Rp105 miliar dibagikan sebagai dividen tunai dengan jumlah sebesar Rp20 per saham atau seluruhnya maksimum berjumlah Rp32,9 miliar,” tulis Buana Finance dikutip dari keterbukaan informasi, Senin (3/6/2024). 

Sementara itu sebanyak Rp1 miliar dari total laba bersih tahun buku 2023 akan ditetapkan dan dibukukan sebagai cadangan sesuai ketentuan pasal 70 Undang-Undang (UU) Perseroan Terbatas dan pasal 23 ayat 1 Anggaran Dasar Perseroan. Sisanya akan ditetapkan dan dibukukan sebagai laba ditahan. 

Adapun dividen tunai akan dibayarkan kepada para pemegang saham pada 12 Juni 2024. Bagi pemegang saham yang sahamnya disimpan dalam penitipan kolektif PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pembagian dividen tunai akan didistribusikan oleh KSEI pada tanggal 12 Juni 2024 melalui perusahaan efek atau bank kustodian di mana pemegang saham membuka rekening efek. 

Konfirmasi hasil pendistribusian dividen tunai akan disampaikan oleh KSEI kepada perusahaan efek atau bank kustodian di mana pemegang saham membuka rekening efek. Selanjutnya pemegang saham akan menerima informasi mengenai pembagian dividen tunai dari perusahaan efek atau bank kustodian di mana pemegang saham membuka rekening efek.

Sementara bagi pemegang saham yang masih menggunakan warkat (fisik), pembayaran dividen akan ditransfer ke rekening pemegang saham yang telah memberitahukan nama bank serta nomor rekening atas nama pemegang saham secara tertulis dan bermaterai Rp10.000 kepada Biro Administrasi Efek Perseroan yaitu PT EDI Indonesia yang beralamat di Jl. Yos Sudarso Kav.89, Jakarta 14350, dengan disertai fotokopi KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan alamat yang tertera di KTP tersebut harus sesuai dengan alamat yang tertera dalam daftar pemegang saham perseroan. Jika terdapat perubahan alamat, agar disertakan dengan surat pernyataan.

Berikut ini jadwal lengkap pembagian dividen tunai 2024 untuk kinerja tahun lalu:

  • Pengumuman di bursa efek Indonesia dan situs web perseroan: 22 Mei 2024
  • Perdagangan pasar reguler dan negosiasi: 30 Mei 2024
  • Perdagangan pasar tunai: 3 Juni 2024
  • Perdagangan pasar reguler dan negosiasi: 31 Mei 2024
  • Perdagangan pasar tunai: 4 Juni 2024
  • Tanggal pencatatan: 3 Juni 2024
  • Tanggal pembayaran dividen tunai: 12 Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper