Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Beri Penjelasan soal Kerabat Jokowi Jabat Komisaris Independen

BNI memberikan penjelasan terkait pengangkatan kerabat Presiden Jokowi yakni Sigit Widyawan sebagai Komisaris Independen
Aerial foto gedung milik PT Bank Negara Indonesia yang ada di Jakarta.
Aerial foto gedung milik PT Bank Negara Indonesia yang ada di Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) memberikan penjelasan mengenai pengangkatan kerabat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Sigit Widyawan sebagai Komisaris Independen. 

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan Sigit Widyawan saat ini masih menjabat sebagai Komisaris Independen di BNI. Jabatan itu diembannya sejak 20 Maret 2018 berdasarkan keputusan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST).

Dalam RUPST yang digelar tahun ini, nama Sigit pun masih bercokol di posisi Komisaris Independen. "Sebagai bank milik negara, kami percaya keputusan pengangkatan Komisaris Independen yang merupakan hak pemegang saham telah dilakukan melalui proses seleksi yang ketat, transparan, dan akuntabel," katanya kepada Bisnis pada Rabu (12/6/2024).

Dia juga mengatakan pengangkatan Sigit mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, profesionalisme, reputasi serta independensi yang dimilikinya.

"Kami juga meyakini bahwa proses pemilihan Komisaris Independen tersebut telah memenuhi prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan bebas dari konflik kepentingan serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutur Okki.

Mengacu laman resmi BNI, Sigit Widyawan memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Ekonomi dari Universitas Negeri Sebelas Maret serta Magister Akuntansi dari Universitas Indonesia.

Menurut Okki, Sigit juga memiliki pengalaman kerja yang panjang di bidang keuangan pada berbagai sektor mulai dari sektor infrastruktur, transportasi, hingga properti.

"Pengalaman tersebut telah memberikan kontribusi signifikan kepada perseroan selama menjalankan mandat sebagai Komisaris," ujarnya.

Adapun, sebelum masuk BNI, Sigit menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Jasamarga (Persero). Tbk (2015-2018). Sebelumnya, Sigit juga menempati posisi sebagai Direktur PT Roda Pembangunan Jaya (2003-2015).

Sigit merupakan kerabat Jokowi. Dia terkait dengan Jokowi karena merupakan suami dari sepupu Presiden, yakni Nining Roni Widyaningsih. Sementara Nining merupakan anak dari Miyono Suryo Sarjono yang merupakan kakak tertua orang tua Jokowi, Sujiatmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper