Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasib BNI Mobile Setelah Super App Wondr Meluncur

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) telah meluncurkan Super App wondr by BNI.
Pegawai melayani nasabah di kantor cabang BNI, Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai melayani nasabah di kantor cabang BNI, Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) resmi meluncurkan superapp yakni wondr by BNI banking app. Adapun, aplikasi super ini nantinya akan menggantikan platform sebelumnya yakni BNI Mobile Banking. BNI akan menutup layanan digital ini. 

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan peluncuran wondr sendiri merupakan bagian dari transformasi BNI yang dimulai sejak 2021.

“Kami juga melihat platform mobile banking kita yang sebelumnya sudah tidak mumpuni untuk dikembangkan,” ujarnya di Kementerian BUMN, Kamis (18/7/2024). 

Lebih lanjut, dia menegaskan wondr by BNI sendiri memiliki perbedaan yang signifikan dengan super app Himbara lain, mulai dari segi perbedaan cara kerja hingga adanya bagian inovasi tertentu yang kemungkinan belum ada ada di bank lain.

“Kita waktunya singkat sekali untuk membangun ini.  Kalau dihitung-hitung enggak sampai setahun untuk membangun wondr by BNI,” ujarnya. 

Corina juga menyampaikan terkait inovasi baru di wondr by BNI. “Kita punya wondr seolah-olah punya RM [relationship manager], di situ dia [wondr] bisa menceritakan semua historical kita, rencana kita ke depan soal keuangan,” ungkapnya. 

Terkait pemilihan nama platform, Corina menyebut keputusan tersebut telah melewati rangkaian ide yang panjang hingga adanya observasi, supaya hasil yang didapat sesuai dan berhubungan dengan kebutuhan yang bisa memberikan nilai tambah bagi nasabah.

Senior Executive Vice President (SEVP) Retail Digital Solutions BNI Rian Kaslan pun menambahkan segmen nasabah BNI sangatlah luas, di mana saat ini meliputi anak kuliah hingga pekerja. 

“Jadi, bagaimana kita membagi segmen luas itu menjadi beberapa target, di mana ada segmen yang condong ke anak kuliah dan pekerja awal satu sampai tiga tahun kerja," ujarnya

Kemudian, perseroan juga melakukan penyesuaian pada kelompok masyarakat yang memiliki usaha sendiri. “Kenapa penting kita lihat itu? Karena, kebutuhannya beda dengan nasabah kami yang kerja 5-10 tahun. Lalu direntang umur 25-55 itu mereka sudah banyak usaha sendiri, kita melihatnya sebagai wealthy achiever, ini upaya kami untuk selalu membuat aplikasi relevan untuk berbagai kebutuhan di masing-masing segmen,” jelasnya. 

Untuk diketahui, wondr by BNI memang dilengkapi dengan fitur 3 Dimensi Keuangan, yakni Transaksi, Insight and Growth. Bila dirinci, Transaksi sendiri mendukung  kebutuhan keuangan real time nasabah dengan fitur seperti transfer domestik, pembayaran tagih, dan pengaturan jadwal transfer.  

Kemudian, Insight, di mana nasabah dapat memantau sekaligus menganalisis histori keuangan. Lalu, Growth berfokus pada perencanaan masa depan dengan mengedepankan berbagai pilihan produk finansial yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti investasi dan tabungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper