Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasabah Tidak Aktif Transaksi Bisa jadi Beban bagi Bank

Apakah nasabah yang tidak aktif bertransaksi memberikan beban tersendiri bagi perbankan?
Ilustrasi bank digital. Dok Istimewa
Ilustrasi bank digital. Dok Istimewa

Agresif Jaring Nasabah Aktif

Di sisi lain, bank digital kongsi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) yakni Superbank sendiri telah mengumumkan capaian atas 1 juta nasabahnya dalam waktu kurang dari 2 bulan sejak peluncuran aplikasi secara luas.

Tercatat, sebanyak 62% dari nasabah Superbank telah menghubungkan akun mereka dengan aplikasi Grab, menunjukkan sinergi ekosistem yang kuat antara kedua platform.

Pertumbuhan pesat nasabah Superbank merefleksikan besarnya potensi sektor perbankan digital di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), transaksi bank digital mencapai 5,26 miliar transaksi pada kuartal II/2024, atau meningkat hingga 32,03% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Prospek cerah sektor ini juga diperkuat oleh dominasi generasi muda usia 16-30 tahun di Indonesia, sekitar 25% dari total populasi, yang menurut Laporan Youth Finsight 2.0 memiliki kesadaran tinggi dalam menabung dan menggunakan layanan keuangan untuk mencapai tujuan finansial mereka”.

Presiden Direktur Superbank Tigor M. Siahaan mengatakan pencapaian ini baru permulaan dan menjadi modal kuat untuk terus meningkatkan inovasi dan kolaborasi dengan ekosistem.

“Ini demi menghadirkan solusi perbankan yang mudah, aman, dan relevan dengan kebutuhan finansial masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (15/8/2024). 

Tak hanya itu, PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) juga melaporkan telah memiliki lebih dari 26 juta nasabah. 

Direktur Bisnis Bank Neo Commerce Aditya Windarwo mengatakan BNC sekarang lebih berfokus untuk meningkatkan keaktifan nasabah yang sudah ada untuk menggunakan berbagai layanan dan produk yang tersedia di aplikasi neobank milik BNC.

“Untuk meningkatkan stickiness nasabah-nasabah, BNC berkomitmen melakukan inovasi dalam memberikan layanan keuangan yang ditawarkan baik secara offline maupun online melalui aplikasi neobank,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (14/8/2024)

Menurutnya, tidak hanya kebutuhan akan transaksi keuangan, transaksi pembayaran, dan tabungan, namun juga kebutuhan akan investasi, baik untuk nasabah reguler maupun segmen wealth management.

BNC juga meningkatkan tingkat keaktifan nasabah dalam menggunakan tabungan BNC, misalnya dengan menambah channel-channel pembayaran, kerja sama dengan berbagai mitra dan juga memperluas kerja sama ekosistem.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper