Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Startup Incaran Mandiri Capital Bernilai Miliar Dolar AS

Mandiri Capital Indonesia (MCI) menyebut sejulah sektor dalam industri startup masih memiliki potensi besar untuk diberikan pembiayaan.
Booth Mandiri Capital./ Istimewa
Booth Mandiri Capital./ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) menyebut sejulah sektor dalam industri startup masih memiliki potensi besar untuk diberikan pembiayaan.

Direktur Utama MCI Ronald Simonangkir mengungkapkan beberapa sektor yang menjadi fokus perusaaan saat ini terutama yang memiliki nilai pasar hingga miliaran dolar. Salah satu sektor yang disorot adalah value chain, terutama di bidang pertanian, budidaya perikanan, dan manufaktur.

Ronald menjelaskan, sektor pertanian dan budidaya perikanan memiliki potensi pasar sebesar US$89,74 miliar dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 6,3%. "Sektor ini masih terfragmentasi dan tradisional, sehingga memerlukan transformasi digital," ujarnya pekan lalu.

Sementara itu, di sektor manufaktur, MCI memperkirakan nilai pasar mencapai US$228,46 miliar dengan CAGR 5,97%. Ronald menilai, industri ini mendapat dukungan pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk manufaktur lokal.

Selain sektor value chain, MCI juga membidik peluang besar di bisnis ramah lingkungan, terutama energi terbarukan dan perdagangan karbon. Menurut Ronald, sektor energi terbarukan di Indonesia saat ini bernilai US$1,79 miliar dengan CAGR 5,65%. "Energi terbarukan menjadi prioritas pemerintah, dan startup berperan penting dalam menghadirkan teknologi untuk mempercepat transformasi energi," jelasnya.

Lebih lanjut, Ronald mengungkapkan potensi besar di sektor perdagangan karbon, yang diperkirakan bernilai hingga US$300 miliar per tahun. Ia melihat, banyak perusahaan yang bergerak menuju net zero emission (NZE) yang didukung oleh kebijakan pemerintah dalam perdagangan karbon.

Selain sektor-sektor tersebut, MCI juga melihat peluang di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan keamanan siber. Ronald menyebut, nilai pasar AI diperkirakan mencapai US$1,14 miliar dengan CAGR 17,71%, sementara sektor keamanan siber diprediksi mencapai US$1,15 miliar dengan CAGR 24,19%. Sektor kesehatan digital juga menjadi perhatian, dengan nilai pasar sebesar US$1,78 miliar dan CAGR 9,53%.

Ronald menambahkan, MCI terus mengoptimalkan sinergi antara startup dan ekosistem bisnis di Mandiri Group. "Strategi investasi MCI selalu diselaraskan dengan strategi bisnis Bank Mandiri Group, yang memiliki kekuatan di sektor korporasi dan value chain di berbagai segmen bisnis," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper