Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uang Rp30 Miliar Bank Sulselbar Berhasil Diselamatkan dari KM Lestari Maju

Uang tunai senilai Rp30 miliar milik Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar akhirnya berhasil diselamatkan dari musibah kandasnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Selasa (3/7/2018).
Bisnis.com, JAKARTA - Uang tunai senilai Rp30 miliar milik Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar akhirnya berhasil diselamatkan dari musibah kandasnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Selasa (3/7/2018).
 
 
Uang tunai tersebut berhasil dievakuasi Rabu dini hari (4/7/2018) sekitar pukul 02:00 Wita dalam kondisi baik dan begitu juga pegawai bank yang bertugas juga berhasil diselamatkan.
 
 
"Sekitar jam 2 tengah malam tadi, pegawai bank dan uang Rp30 miliar berhasil dievakuasi dengan selamat," ujar Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar Rosmala Arifin, kepada Bisnis, Rabu (4/7/2018).
 
 
Menurutnya sebagian besar uang tersebut masih dalam kondisi packing Bank Indonesia (BI), jadi masih aman dan layak edar untuk masyarakat. "Yang kena basah juga ada tapi masih layak edar," ujarnya.
 
 
Pihaknya pun bersyukur atas hal tersebut, karena para aparatur sipil negara (ASN) di Selayar akhirnya juga bisa berlega hati. Pasalnya, memang sejak semula dana itu sengaja dikirimkan untuk kebutuhan ASN dan masyarakat di Selayar.
 
 
Meskipun, Bank Sulselbar juga sudah mengambil langkah antisipasi dengan menyiapkan dana lain yang siap dikirimkan, sekiranya dana Rp30 miliar di kapal tersebut belum bisa di evakuasi.
 
 
Menurutnya saat ini dana tunai yang berhasil dievakuasi tersebut sudah berada di kantor Bank Sulselbar Cabang Selayat.
 
 
"Alhamdulillah. Kami juga sudah antisipasi dananya yang sudah standby dikirim, sekiranya yang itu belum berhasil di evakuasi semalam. Saat ini sudah ada di Bank Sulselbar Cabang Selayar," pungkasnya.
 
 
Sementara itu, perkembangan terakhir dari peristiwa musibah kandasnya KM Lestari Maju, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa per Rabu (4/7/2018), jumlah korban meninggal dunia mencapai 29 orang. 
 
 
Korban selamat 69 orang penumpang (dimana 34 orang mendapat perawatan di RS). Sedangkan korban yang masih dicari 41 orang penumpang. Sesuai manifes terdapat 139 orang penumpang dan 48 kendaraan.
 
 
Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusdatin dan Humas BNPB mengatakan bahwa saat ini pencarian untuk korban yang hilang masih dilakukan.
 
 
"Tidak semua penumpang memperoleh jaket pelampung. Kendala evakuasi cuaca hujan, angin kencang, gelombang tinggi, kemarin kapal besar tidak dapat mendekat ke KMP Lestaru Maju. Evakuasi masih dilanjutkan dipimpin Basarnas dibantu BPBD, TNI, Polri, Kemenhub, SKPD, relawan dan masyarakat," ujarnya. 
 
 
Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menegaskan bahwa kapal penyeberangan KMP. Lestari Maju sengaja dikandaskan dan tidak tenggelam seperti informasi yang beredar di luar.
 
 
Kapal penyeberangan tujuan Pamatata yang dinakhodai oleh Agus Susanto dengan membawa 139 orang penumpang itu sengaja dikandaskan di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba, sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.
 
 
Selain penumpang, kapal tersebut juga membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan 5 sebanyak 8 unit dan kendaraan golongan 6 sebanyak 8 unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper