Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANK INDONESIA: Satuan kerja perbankan dibenahi

 
Sutan Eries Adlin
Sutan Eries Adlin - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  19:43 WIB

 

 

JAKARTA: Bank Indonesia akan melakukan reorganisasi struktur satuan kerja perbankan guna menyamakan dengan kompartemen perbankan yang akan dibentuk di Otoritas Jasa Keuangan.

 

Berdasarkan info yang diterima oleh Bisnis, salah satu yang pekerjaan yang sedang diselesaikan oleh Bank Indonesia (BI) dalam proses transisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah pemenuhan pasal 57 undang-undang OJK.

 

Dalam pemenuhan itu, bank sentral akan melakukan usulan pembentukan struktur organisasi,tugas pokok dan fungsi kompartemen Perbankan di lembaga baru tersebut,

 

Selain itu, juga dilakukan  rancang bangun infrastuktur dan teknologi informasi (TI), sistem SDM serta standar prosedur operasional untuk kompartemen Perbankan OJK

 

Proses ini dilakukan oleh Task Force Pengalihan Fungsi Pengawasan Bank ke OJK (Task Force OJK) yang diketuai oleh Endang Kussulanjari yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengawasan Bank II.

 

Info yang sama menjelaskan dalam pembentukan struktur, bank sentral melakukan reorganisasi dengan menyamakan struktur organisasi fungsi perbankan BI dengan kompartemen perbankan yang akan dibentuk di OJK.

 

Penyamaan struktur ini berlaku di pusat dan daerah dan akan mulai dilakukan mulai 2013 mendatang. Ini dilakukan agar tidak ada perbedaan tugas para pegawai satuan kerja perbankan bank sentral apabila dipindahkan ke OJK.

 

Info tersebut juga menyatakan mulai Agustus 2012 mendatang, bank sentral akan menugaskan sejumlah pegawai satuan kerja manajemen intern untuk mempersiapkan fungsi pendukung ke OJK.

 

Ketika dikonfirmasi, Direktur Grup Humas BI Difi A. Johansyah, mengakui apabila bank sentral melakukan reorganisasi dalam proses transisi OJK

 

“OJK akan copy and paste organisasi pengawasan yang ada di BI. Untuk itu BI sekarang melakukan reorganisasi agar organisasi pengawasan tetap fit dengan kebutuhan bank sentral dalam supervise makro stabilitas sistem keuangan,” jelasnya kepada Bisnis, hari ini Selasa 22 Mei 2012.

 

Adapun untuk penugasan pegawai manajemen intern ke OJK pada Agustus mendatang, dia mengakui hal tersebut memang telah menjadi rencana. Namun dia mengatakan sampai saat ini penugasan tersebut belum dikeluarkan oleh bank sentral.

 

Sekitar 1.350 personel BI dikabarkan akan bermigrasi sementara ke lembaga baru itu. Pegawai tersebut berasal dari 8 Departemen ditambah pegawai perbankan di  Kantor Perwakilan BI. Namun, Difi mengaku tidak tahu berapa jumlah pegawai yang akan melakukan migrasi ke OJK.

 

Satuan kerja perbankan yang ada di Bank Indonesia harus pindah ke OJK paling lambat 31 Desember 2013.  Adapun migrasi Bapepam LK ke OJK dilakukan paling lambat 31 Desember 2012, atau setahun lebih cepat dari BI.(msb)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

METRODATA ELECTRONICS Siapkan Right Issue

PASAR SURAT UTANG: Investor Cenderung Wait & See

Danareksa Investment Rilis RDPT Infrastruktur

AKSI ALIBABA: Berniat Beli Sahamnya Dari Yahoo! Senilai US$7 Miliar

HARGA EMAS: Pasar Keuangan Tertekan, Logam Mulia Melonjak

TRANSAKSI AFILIASI: Adi Karya Pinjamkan APR Rp57,1 Miliar

TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

KASUS NARKOBA: Sabu-Sabu Di Sumut Banyak Berasal Dari Malaysia

TRAGEDI SUKHOI: Wah.. Ada Dugaan Penipuan Jamsostek!

JUSUF KALLA: Memimpin Bisnis Beda Dengan Pemerintahan

DAUD YORDAN Naik Ring Lagi Juli

 

ENGLISH NEWS:

PALM OIL Climbs As Biggest Weekly Drop In 5 Months Lures Buyers

PLN To Spend IDR2.54 Trillion For VILLAGE ELECTRICITY Program

ARC Broadens Relationship With ANGLO AMERICAN In Indonesia

MARKET OPENING: Index Fall 46.79 Point

MARKET MOVING: BCA Eyes IDR4 Trillion Infrastructure Loans

RUPIAH Advances Most In Two Weeks On CHINA Pledge

JANGAN LEWATKAN5 Kanal TERPOPULER Bisnis.Com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Donald Banjarnahor

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top