Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REGULASI BI: Perbankan Sambut Positif Instrumen TERM DEPOSIT

JAKARTA:Perbankan nasional menyambut positif langkah Bank Indonesia meluncurkan instrumen moneter deposito berjangka (term deposit) berdenominasi Dolar AS.
Sutan Eries Adlin
Sutan Eries Adlin - Bisnis.com 29 Mei 2012  |  17:08 WIB

JAKARTA:Perbankan nasional menyambut positif langkah Bank Indonesia meluncurkan instrumen moneter deposito berjangka (term deposit) berdenominasi Dolar AS.

 

Evi Firmansyah, Wakil Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) mengatakan kebijakan itu akan memberi kepastian para pemilik dana untuk menempatkan Dolar AS pada bank domestik.

 

“Kami rasa itu bagus karena ada kepastian untuk menginvestasikan dana di sini, karena selama ini sebagian dolar ditempatkan di luar negeri,” ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

 

Sementara itu Dirut Bank Negara Indonesia Gatot M. Suwondo mengatakan kebijakan bank sentral tersebut positif bagi pengelolaan likuiditas Dolar AS yang dilakukan oleh bank nasional. “Ini bagus karena kalau berlebih kami bisa tempatkan di BI,” ujarnya.

 

Evi menambahkan bank sentral harus menetapkan acuan yang menarik bagi instrumen moneter tersebut, agar entitas bank berminat menempatkan ekses likuiditas Dolar di BI.

 

“Bunga itu harus ada acuannya, apakah pakai SIBOR [Singapore Intebank Offered Rate] atau LIBOR [London Interbank Offered Rate].”

 

Adapun Gatot meminta agar bunga deposito berjangka di bank sentral lebih tinggi daripada bunga deposito yang ada di perbankan. (yus)

 

 

 BACA JUGA:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top