Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mencari Nilai Ideal Premi Jaminan Kesehatan (1)

BISNIS.COM, JAKARTA—Nilai premi untuk program Kartu Jakarta Sehat di DKI Jakarta didealnya Rp50.000 per orang per bulan. Lantas berapa nilai ideal bagi warga daerah lain untuk jaminan kesehatan mereka ?
R Fitriana
R Fitriana - Bisnis.com 04 Juni 2013  |  14:05 WIB
Mencari Nilai Ideal Premi Jaminan Kesehatan (1)
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Nilai premi untuk program Kartu Jakarta Sehat di DKI Jakarta didealnya Rp50.000 per orang per bulan. Lantas berapa nilai ideal bagi warga daerah lain untuk jaminan kesehatan mereka ?

Pertanyaan itu menggelitik pikiran karena bagi pemerintah angka itu sangat besar, apalagi untuk wilayah Jakarta saat ini nilai premi Kartu Jaminan Sehat (KJS) yang masih ditetapkan sebesar Rp23.000 per orang per bulan.

Belum lagi jika dibandingkan dengan angka penerima bantuan iuran (PBI) secara nasional dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Angka yang diajukan pemerintah untuk nilai PBI yang hanya Rp15.000 per orang per bulan, di bawah angka premi KJS DKI Jakarta.

Bahkan, angka tersebut sangat jauh nilainya dibandingkan dengan nilai premi ideal untuk Ibu Kota negara ini.

Nilai premi itu, menurut sebagian orang, masih jauh dari angka PBI yang disepakati oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), DPR, dan Kementerian Kesehatan yang sebesar Rp22.001 per orang per bulan.

Namun, angka-angka itu berpulang pada pemerintah yang notabene sebagai ‘pemilik’ jaminan kesehatan nasional, karena pemerintah dapat melakukan perbaikan dari nilai premi yang diberikan.

Seperti yang dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnawa bahwa pemprov akan mengevaluasi besaran premi KJS yang sekitar Rp23.000 per orang.

Pemprov DKI pernah menghitung premi ideal Rp50.000 dan DPR setempat menyetujui besaran nilai itu jika diterapkan pada program KJS.

Nantinya, KJS sebagai proyek percontohan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan mengusulkan evaluasi kepada DPR, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Keuangan, premi saat ini merugikan rumah sakit atau tidak.

Evaluasi itu akan meliputi penyebab kerugian rumah sakit, penghitungan paket rumah sakit dan mengusulkan penghapusan pajak 10% sehingga biaya menjadi tidak mahal.

Namun, semua itu tergantung pada pemerintah, karena meski banyak informasi dan masukan tentang nilai PBI atau premi kesehatan, tapi jika tidak berkenan maka angka-angka itu tidak akan ada artinya. (bersambung)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta premi kesehatan bpjs pbi kjs jamkes jaminan nilai ideal
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top