Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAJU INFLASI: BI Yakin Kembali ke Level 4% dalam Setahun

Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 13 Juni 2013  |  14:44 WIB
LAJU INFLASI: BI Yakin Kembali ke Level 4% dalam Setahun
Bagikan
BISNIS.COM, BADUNG--Gejolak inflasi yang terjadi sebagai turunan dari kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hanya akan berlangsung sesaat, bahkan dalam kurun waktu setahun laju inflasi kembali  ke level 4%.
 
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo mengatakan bank sentral melihat adanya potensi inflasi menembus hingga 8%, apabila pemerintah pusat dan daerah serta stakeholder lainnya tidak siap mengendalikan inflasi.
 
"Namun, jika pemerintah pusat, pemerintah daerah, para stakeholder mampu menjalin kerja sama mengendalikan pasar maka inflasi perkiraannya hanya 7,2%. Tetapi, kami yakin dampak inflasi hanya sesaat, dalam 3 bulan inflasi akan turun. Bahkan dalam satu tahun akan kembali lagi ke kisaran 4%," ujarnya saat menghadiri diskusi Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi Se-Indonesia, Kamis (13/6).
 
Gejolak inflasi yang sesaat itu akan kembali memulihkan daya beli masyarakat, sehingga mendorong kembali pertumbuhan ekonomi.
 
Memasuki semester kedua tahun ini, Agus Marto optimistis pertumbuhan ekonomi akan naik di atas capaian pada kuartal I/2013 yang berada dikisaran 6,02%-6,05%.
 
"Memang pertumbuhan ekonomi tidak akan langsung terjadi di kuartal kedua. Paling cepat memasuki semester kedua sudah akan terlihat pertumbuhan ekonominya," katanya. (Miftahul Ulum/Ashari Purwo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia gubernur bi agus marto gubernur bank indonesia agus d.w.martowardojo
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top