Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Dirut Bank Sumut Sudah Dikantong Gubernur

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) telah mengantongi nama calon Direktur Utama Bank Sumut. Gatot akan segera mengajukan kembali calon Dirut Bank Sumut yang hingga saat ini masih kosong

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) telah mengantongi nama calon Direktur Utama Bank Sumut. Gatot akan segera mengajukan kembali calon Dirut Bank Sumut yang hingga saat ini masih kosong sejak Juni 2012.

Menurut  sumber Bisnis, Gatot telah berkonsultasi dengan Bank Indonesia Kantor Wilayah IX Sumut dan Aceh terkait calon direktur utama Bank Sumut. PSP telah mengantongi satu nama calon dirut Bank Sumut sebelum mengajukan secara resmi untuk mengikuti fit and proper test di BI.

Dari catatan Bisnis, Gatot telah berkali-kali mengajukan calon direksi Bank Sumut. Gubernur Sumut pernah mengusulkan lima nama calon direksi Bank Sumut kepada BI untuk dilakukan fit and proper test.

Kelima calon tersebut adalah Rudi Dogar (Direktur Utama), Syahrir Ritonga (Direktur Umum), Esther Junita Ginting (Direktur Pemasaran), Agung Santoso (Direktur Kepatuhan), dan almarhum Syafaruddin (Direktur Pengembangan dan Bisnis).

Dari kelima calon tersebut, yang lulus hanya satu calon yakni Ester Junita Ginting dari Bank Danamon yang menjabat sebagai Regional Corporate Officer untuk Sumatera. Kemudian di dalam RUPS ditetapkan sebagai direktur pemasaran sejak 28 Juni 2013 sampai 28 Juni 2017. Posisi Direktur Utama Bank Sumut hingga saat ini masih kosong.

Sumber tersebut mengatakan dari pengalaman itu, Gatot ingin calon yang diajukannya itu bisa langsung lulus fit and proper test oleh BI. Untuk itu, PSP telah membicarakan calon tersebut kepada BI sebelum diajukan dalam fit and proper test.

"Saat ini sudah ada satu nama calon Dirut yang dikantongi oleh PSP. Calon Dirut tersebut dipastikan dapat lolos pada fit and proper tes BI karena telah dikonsultasikan terlebih dahulu sebelumnya," tutur sumber itu, Minggu (15/9/2013)

Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah IX Hari Utomo ketika dikonfirmasi mengatakan hingga saat ini PSP belum mengajukan kembali calon direksi Bank Sumut untuk dilakukan fit and proper test. Dia mengaku sering mengingatkan gubernur untuk segera mengajukan calon direksi agar kinerja Bank Sumut bisa maksimal.

"Belum mengajukan, mungkin masih diproses oleh PSP. Hingga sekarang belum diajukan ke BI, kalau bisa secepatnya karena kasihan Bank Sumut," ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.Dia mengatakan saat ini Bank Sumut baru memiliki tiga direksi dan hanya satu direksi yang telah definitif lulus fit and proper test BI serta telah diangkat dalam RUPS. Untuk menggenjot kinerja, sambungnya, Bank Sumut memang telah memenuhi syarat minimal jumlah direksi

"Tapi kalau mau bagus, jumlah tiga itu belum lengkap biar bisnisnya tidak terganggu," jelasnya

Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa PSP telah mengajukan calon direksi Bank Sumut kepada BI beberapa waktu lalu. Namun, dari calon-calon tersebut sebagian besar tidak lolos uji kepatutan dan kelayakan.

'"Setahu saya yang baru belum diajukan lagi. Mungkin masih menunggu hasil fit and proper test. Mustinya harus segera diajukan. Kalau memang ternyata harus mencari yang lain harus ada surat keterangan biar mencari yang lain," ungkapnya kepada Bisnis.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper