Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNI Gaet GP Ansor Tingkatkan Finansial Inclusion

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggaet Gerakan Pemuda Ansor untuk membidik komunitas pesantren dalam membantu finansial inclusion di Indonesia
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 05 Januari 2014  |  22:16 WIB
Dirut BNI Gatot M. Suwondo (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid (kiri) disaksikan Mendikbud Mohammad Nuh (kedua kanan) dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (kanan) seusai menandatangani nota kesepahaman pada peringatan Hari Lahir ke-80 Tahun Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di Surabaya, Jatim, Sabtu (4/1/2014) malam. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memperluas dan mengembangkan financial inclusion melalui kerja sama dengan pesantren di Indonesia.  - antara
Dirut BNI Gatot M. Suwondo (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid (kiri) disaksikan Mendikbud Mohammad Nuh (kedua kanan) dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (kanan) seusai menandatangani nota kesepahaman pada peringatan Hari Lahir ke-80 Tahun Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di Surabaya, Jatim, Sabtu (4/1/2014) malam. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memperluas dan mengembangkan financial inclusion melalui kerja sama dengan pesantren di Indonesia. - antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggaet Gerakan Pemuda Ansor untuk membidik komunitas pesantren dalam membantu finansial inclusion di Indonesia.

GP Ansor sebagai organisasi pemuda di bawah naungan Nahdatul Ulama dinilai memiliki kemampuan dan motivasi untuk terus membantu komunitas di sekitar pesantren dalam mengembangkan perekonomiannya, dari masyarakat pra sejahtera menjadi sejahtera.

Salah satunya adalah dengan melakukan pengujian terhadap pesantren-pesantren yang memiliki catatan sukses mengembangkan perekonomian komunitasnya dalam dua dekade terakhir.

Tribuana Tunggadewi, Sekretaris Perusahaan BNI mengatakan melalui proses penjurian yang ketat, GP Ansor menetapkan 3 pondok pesantren terbaik dalam mengembangkan usaha berbasis komunitasnya.

Ketiga pesantren itu antara lain Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, BMT/ Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Sidogiri Syariah, Pasuruan, Jawa Timur, dan Usaha dagang pupuk organik, obat-obat herbal, dan air minum Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.

"Ketiganya diputuskan sebagai penerima penghargaan Nahnu Ansorulloh dari GP Ansor," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (5/1/2014).

Untuk itu, BNI tertarik turut memperkuat usaha yang telah dirintis ketiga pesantren tersebut, sehingga sebagai langkah awal, Direktur Utama BNI Gatot M. Suwondo dan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di sela-sela Harlah ke-80 GP Ansor di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/1/2014). Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Gatot, BNI ingin memperkenalkan jasa-jasa keuangan kepada komunitas pesantren, yang kali ini diawali melalui MoU dengan GP Ansor.

"Bukan hanya produk perbankan, kami juga akan memperkenalkan produk-produk keuangan lain, seperti asuransi, sehingga upaya pengembangan financial inclusion semakin menguat," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni perbankan bank negara indonesia gp ansor
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top