Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelandangan Belum Dilayani BPJS Kesehatan

Sebanyak 1,7 juta orang yang digolongkan sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) belum dilayani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 28 Maret 2014  |  15:09 WIB
Gelandangan Belum Dilayani BPJS Kesehatan
Pengemis - Kemsos.go.id

Bisnis.com, JAKARTA- Sebanyak 1,7 juta orang yang digolongkan sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) belum dilayani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Mereka yang digolongkan sebagai PMKS antara lain gelandangan, pengemis, orang terlantar. Mereka dinilai seharusnya menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Said Iqbal, Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial, mengatakan masih banyak gelandangan yang ditolak rumah sakit.

“Orang miskin, gelandangan, anak jalanan serta orang PMKS lainnya yang tidak masuk dalam PBI ditolak berobat di rumah sakit,” katanya dalam dalam Seminar Nasional Evaluasi Operasional BPJS Kesehatan, Jumat (28/3/2014).

Sebagai gambaran, peserta PBI pada saat ini ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 86,4 juta orang yang terdiri dari orang tidak mampu atau orang miskin. Peserta PBI adalah peserta BPJS Kesehatan yang iurannya dibayarkan menggunakan dana APBN.

Iuran per peserta PBI adalah Rp19.225. Pada tahun ini, pemerintah menganggarkan sekitar Rp19,6 triliun bagi peserta PBI tersebut. Said berharap jumlah peserta PBI diperbarui sehingga tidak hanya 86,4 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs bpjs kesehatan gelandangan tak masuk bpjs
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top