Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PNM Gandeng Bank Ganesha Sediakan Pembiayaan UKMK

PT Permodalan Nasional Madani Venture Capital dan Bank Ganesha berkolaborasi menyediakan pembiayaan terhadap pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah dengan total anggaran Rp15 miliar.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 25 April 2014  |  00:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Permodalan Nasional Madani Venture Capital dan Bank Ganesha berkolaborasi menyediakan pembiayaan terhadap pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah dengan total anggaran Rp15 miliar.

Iwan Ridwan, Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani Venture Capital (PNMVC), menjelaskan Bank Ganesha merupakan swasta pertama yang bermitra dengan PNMVC untuk mendukung pengembangan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah KUMKM.

”Perjanjian fasilitas pendanaan ini membuktikan dukungan dan kepercayaan yang kuat dari Bank Ganesha kepada PNMVC untuk melaksanakan misi pemberdayaan KUMKM melalui penyaluran modal ventura,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (24/4/2014).

Melalui kerja sama itu diharapkan PNMVC bisa berkontribusi lebih besar untuk menggairahkan industri keuangan modal ventura, sehingga bisa menjadi alternatif sumber pembiayaan produktif selain dari perbankan.

Fasilitas pendanaan KUMKM diberikan Bank Ganesha ke PNMVC sebesar Rp15 miliar, sedangkan dengan jangka waktu pengembalian selama 3 tahun. Perjanjian kerja sama pendanaan ditandatangani Direktur Utama PNMVC Iwan Ridwan dan Branch Manager Nicoulas Denny H. W.

Iwan menjelaskan PNMVC merupakan anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang didirikan untuk memberdayakan KUMKM dan program kewirausahaan melalui pola modal ventura.

Pemberdayaan UKMK dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi, mencakup penyediaan modal dan bantuan manajemen. “Kami percaya fokus dan keunikan bisnis akan memperkuat PNMVC sebagai mitra bisnis terpercaya KUMKM Indonesia.”

Dari sisi kinerja, PNMVC telah menunjukan perkembangan usaha meningkat dalam empat tahun terakhir. Hal itu tercermin dari peningkatan penyaluran pembiayaan serta pertumbuhan aset dan laba usaha.

Pada tahun 2013, PNMVC berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp7,1 miliar, meningkat dibandingkan dengan perolehan laba tahun lalu Rp6,8 miliar. Selaras dengan itu, jumlah aset PNMVC juga meningkat 19,6% menjadi Rp207 miliar dibandingkan dengan 2012.

Dari sisi pembiayaan, outstanding-nya mencapai Rp152 miliar atau tumbuh 30% dibandingkan dengan tahun lalu Rp117 miliar. Untuk target tahun ini, PNMVC menyalurkan sebesar Rp100 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pnm
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top