Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Minta Unit Usaha Syariah BPD Merger

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengarahkan agar Bank Pembangunan Daerah (BPD) melakukan merger terhadap unit usaha syariah yang dimilikinya
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 09 Mei 2014  |  19:17 WIB
OJK Minta Unit Usaha Syariah BPD Merger

 Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengarahkan agar Bank Pembangunan Daerah (BPD) melakukan merger terhadap unit usaha syariah yang dimilikinya.

Mulya Siregar, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, mengatakan merger merupakan opsi yang paling memungkinkan untuk mendorong sejumlah UUS tersebut agar dapat melepaskan diri menjadi satu entitas perusahaan terpisah (spin off).

Menurut aturan, kebutuhan modal minimal bagi UUS untuk melakukan spin off adalah sebesar Rp500 miliar. Padahal, sejumlah BPD masih mencatatkan modal di bawah Rp1 miliar sehingga dikhawatirkan akan mengganggu tingkat kesehatan perusahaan ketika dipaksakan untuk membiayai spin off.

“Kalau membaca data yang ada, sepertinya tidak mungkin bisa kecuali ada mukjizat. Pilihannya kemudian adalah merger,” katanya, Jumat (9/5/2014).

Hingga Februari 2014, OJK mencatat jumlah unit usaha syariah adalah sebanyak 23 unit, sebanyak 5 UUS di antaranya dimiliki oleh bank umum, sisanya merupakan UUS milik BPD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merger bpd spin off
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top