Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba BCA Tumbuh 17,7%

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) membukukan laba bersih senilai Rp12,19 triliun pada kuartal III/2014, naik 17,7% dibandingkan laba bersih pada periode sama tahun lalu Rp10,36 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) membukukan laba bersih senilai Rp12,19 triliun pada kuartal III/2014, naik 17,7% dibandingkan laba bersih pada periode sama tahun lalu Rp10,36 triliun.

Kenaikan laba bersih didorong oleh meningkatnya pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya yang pada kuartal III/2014 mencapai Rp30,1 triliun, tumbuh 22,9% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp24,5 triliun.

Margin bunga bersih (nett interest margin/NIM) BCA juga naik sebesar 50 bps secara year on year menjadi 6,5% pada akhir September 2014. Kenaikan NIM terjadi karena penyaluran kredit masih cukup memadai.

Sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, total portofolio kredit yang disalurkan BCA mencapai Rp330,7 triliun, tumbuh 10,6% secara year on year.

Segmen kredit konsumer tumbuh paling lambat dengan total outstanding kredit senilai Rp89,69 triliun, tumbuh hanya 5,4% secara year on year.

Adapun, segmen nasabah korporasi dan komersial & UMKM masih mencatatkan pertumbuhan masing-masing sebesar 13,7% dan 11,8% year on year.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memproyeksikan pertumbuhan kredit pada tahun ini akan ada pada kisaran 10%-12%.

“Tidak akan terlalu tinggi meskipun kondisi likuiditas masih memungkinkan. Dalam kondisi perlambatan pertumbuhan ekonomi seperti ini, tidak boleh jor-joran menyalurkan kredit,” ujarnya, Kamis (30/10/2014).

Kondisi likuiditas BCA masih cukup longgar, tercermin dari rasio loan to deposit ratio (LDR) yang pada September 2014 tercatat 75,9%, meskipun sedikit meningkat dibandingkan dengan posisi LDR pada periode sama tahun lalu 73,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper