Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Genjot Sektor Perdagangan

Jumlah penduduk Indonesia yang besar, menjadi peluang bagi industri perbankan syariah untuk menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan.
Perbankan syariah menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan. /
Perbankan syariah menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan. /

Bisnis.com, JAKARTA-- Jumlah penduduk Indonesia yang besar, menjadi peluang bagi industri perbankan syariah untuk menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan.

Hal tersebut terbukti dari pertumbuhan pembiayaan pada sektor perdagangan, restoran dan hotel pada November 2014 mencapai Rp23,81 triliun, melejit hingga 65% dari posisi Rp14,43 triliun pada periode yang tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Bank Syariah Bukopin (BSB) Riyanto mengungkapkan pembiayaan perusahaan berfokus pada bidang-bidang tertentu. BSB membagi bidang  tersebut menjadi sembilan sektor.

"Pembiayaan paling besar ada pada sektor perdagangan, lalu disusul oleh transportasi dan pendidikan," ucapnya baru-baru ini.

Enam sektor lain yang dipacu oleh BSB adalah sektor kesehatan, lembaga keuangan, minyak dan gas, hotel dan restoran, konstruksi serta multifinance. Adapun total pembiayaan  pada 2014 oleh BSB mencapai Rp3,71 triliun, tumbuh 13,1% Rp3,28 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun unit usaha syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (UUS Danamon) menandatangani perjanjian kerja sama dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), institusi keuangan yang merupakan anggota Islamic Development Bank (IDB) Group.

Direktur Utama Danamon Henry Ho mengungkapkan target kerja sama mencapai hingga US$1 miliar dalam 5 tahun pertama, dimulai dengan US$200 juta pada tahun ini. Menurutnya, kerja sama itu, akan mempercepat pertumbuhan pembiayaan syariah yang produktif, serta mensinergikan kekuatan kedua institusi.

"Melalui kerja sama ini, maka layanan trade finance yang lebih lengkap dengan harga bersaing," ucapnya dalam keterangan resmi.

Dia mengatakan tujuan utama dari kerja sama ini adalah mengembangkan Shariah Trade Financing atau pembiayaan perdagangan syariah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper