Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Syariah Genjot Sektor Perdagangan

Jumlah penduduk Indonesia yang besar, menjadi peluang bagi industri perbankan syariah untuk menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Januari 2015  |  23:08 WIB
Perbankan syariah menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan.  -
Perbankan syariah menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan. -

Bisnis.com, JAKARTA-- Jumlah penduduk Indonesia yang besar, menjadi peluang bagi industri perbankan syariah untuk menggenjot pembiayaan pada sektor perdagangan.

Hal tersebut terbukti dari pertumbuhan pembiayaan pada sektor perdagangan, restoran dan hotel pada November 2014 mencapai Rp23,81 triliun, melejit hingga 65% dari posisi Rp14,43 triliun pada periode yang tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Bank Syariah Bukopin (BSB) Riyanto mengungkapkan pembiayaan perusahaan berfokus pada bidang-bidang tertentu. BSB membagi bidang  tersebut menjadi sembilan sektor.

"Pembiayaan paling besar ada pada sektor perdagangan, lalu disusul oleh transportasi dan pendidikan," ucapnya baru-baru ini.

Enam sektor lain yang dipacu oleh BSB adalah sektor kesehatan, lembaga keuangan, minyak dan gas, hotel dan restoran, konstruksi serta multifinance. Adapun total pembiayaan  pada 2014 oleh BSB mencapai Rp3,71 triliun, tumbuh 13,1% Rp3,28 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun unit usaha syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (UUS Danamon) menandatangani perjanjian kerja sama dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), institusi keuangan yang merupakan anggota Islamic Development Bank (IDB) Group.

Direktur Utama Danamon Henry Ho mengungkapkan target kerja sama mencapai hingga US$1 miliar dalam 5 tahun pertama, dimulai dengan US$200 juta pada tahun ini. Menurutnya, kerja sama itu, akan mempercepat pertumbuhan pembiayaan syariah yang produktif, serta mensinergikan kekuatan kedua institusi.

"Melalui kerja sama ini, maka layanan trade finance yang lebih lengkap dengan harga bersaing," ucapnya dalam keterangan resmi.

Dia mengatakan tujuan utama dari kerja sama ini adalah mengembangkan Shariah Trade Financing atau pembiayaan perdagangan syariah.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah bukopin bsb
Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top