Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Himbara Proyeksi Laba Bank BUMN Tumbuh di Atas 11%

Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Gatot M. Suwondo memprediksikan laju pertumbuhan laba bank-bank pelat merah bisa tumbuh di atas 11% bila masing-masing bank fokus pada dasar bisnis masing-masing.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 27 Februari 2015  |  01:31 WIB
Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Gatot M. Suwondo.  - Bisnis.com
Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Gatot M. Suwondo. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Gatot M. Suwondo memprediksikan laju pertumbuhan laba bank-bank pelat merah bisa tumbuh di atas 11% bila masing-masing bank fokus pada dasar bisnis masing-masing.

"Akan tumbuh sedikit lebih tinggi, sepanjang bank-bank BUMN fokus dan konsisten di core competence masing-masing," ucapnya pada Bisnis, Rabu (25/2/2015).

Sepanjang 2014, laba industri perbankan hanya tumbuh sekitar 5,11% secara year on year. Sedangkan bank pelat merah membukukan laba kinclong dengan pertumbuhan 11,5% secara year on year hingga akhir 2014.

Dari 4 bank pelat merah, hanya 3 bank saja yang membukukan laba bertumbuh. Adalah PT Bank Mandiri Tbk meraih laba senilai Rp19,9 triliun sepanjang 2014 atau tumbuh 9,2% secara year on year. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) merupakan bank yang fokus pada kredit mikro, membukukan pertumbuhan laba 14,35% y-o-y menjadi Rp24,2 triliun.

Begitu pula dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk yang mencatatkan kenaika laba bersih sebesar 19,1% menjadi Rp10,8 triliun pada 2014 secara y-o-y. Adapun PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) pada tahun lalu belum membukukan laba bagus sama dengan ketiga saudara kandungnya.

Berdasarkan laporan publikasi yang disampaikan BTN ke pengawas perbankan, tercatat laba perseroan merosot sekitar 28% dengan membukukan laba bersih senilai Rp1,1 triliun pada Desember 2014. Tak tanggung-tangguh, setelah membukukan laba terkontraksi, BTN menargetkan raihan laba hingga Rp2,2 triliun pada 2015.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laba bank
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top