PROGRAM LAKU PANDAI: 4 Bank Ini Segera Buka Layanan di Malang

Empat bank segera membuka layanan tanpa kantor atau laku pandai di Malang.
Choirul Anam | 02 April 2015 15:03 WIB
Empat bank segera membuka layanan tanpa kantor di Malang - ilustrasi

Bisnis.com, MALANG—Empat bank segera membuka layanan tanpa kantor atau laku pandai di Malang.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang Indra Krisna mengatakan empat bank yang segera membuka layanan laku pandai, itu merupakan bank yang sudah me-launching secara nasional, yakni BCA, Bank Mandiri, BRI, dan BTPN.

“Pembukaannya diperkirakan pada Mei di Kec. Dampit, Kab. Malang,” kata Indra Krisna di sela-sela kegiatan “OJK Mendengar” di Malang, Kamis (2/4/2015).

Idealnya, peluncuran laku pandai tersebut tidak hanya untuk industri perbankan, malainkan juga industri keuangan lainnya, seperti anggota pasar modal untuk produk reksadana mikro yang maupun industri asuransi untuk produk asuransi mikro.

Namun karena yang paling siap industri perbankan, maka peluncuran layanan laku pandai di Malang baru pada layanan perbankan.

Wilayah Dampit dipilih karena pertimbangan jauh dari perkotaan sehingga merepotkan dan membutuhkan biaya yang besar bagi masyarakat yang menginginkan layanan keuangan di kantor cabang pembantu bank umum, apalagi di kantor cabang.

Selain empat bank tersebut, bank lain diharapkan ikut menyusul dengan memberikan layanan keuangan tanpa kantor  di wilayah kerja OJK Malang.

Meski begitu, OJK tidak bisa memaksa bank lainnya membuka layanan tersebut dengan pertimbangan butuh investasi.

Di sisi lain, dengan adanya layanan tersebut maka bank justru berperan besar dalam upaya meningkatkan perekonomian pedesaan, terutama sektor usaha mikro kecil.

“Sisi positifnya bagi bank dengan memberikan layanan tanpa kantor  adalah memperluas pasar mereka,” ujarnya.

Tag : laku pandai
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top