Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Askrindo Berburu Bisnis Penjaminan Proyek di Daerah

PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) berupaya memperbesar bisnis penjaminan proyek (suretyship) di Sulawesi Utara untuk mendongkrak kinerja perusahaan.

Bisnis.com, MANADO—PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) berupaya memperbesar bisnis penjaminan proyek (suretyship) di Sulawesi Utara untuk mendongkrak kinerja perusahaan.

Area Managing Director Askrindo Manado Ketut Anom Mayun mengatakan pihaknya membidik proyek-proyek infrastruktur di daerah tersebut, baik yang digarap pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Beberapa proyek yang dinilai potensial adalah pembangunan dan perawatan jalan, jalan tol Manado-Bitung, rel kereta api Manado-Bitung, tol laut di Pelabuhan Bitung, serta pembangunan waduk di Lolak dan Ladongi.

“Semakin banyak proyek yang digarap oleh pemerintah, maka semakin banyak peluang mengembangkan bisnis suretyship,” ujarnya kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Sebagai informasi, Askrindo membukukan pendapatan dari bisnis penjaminan sebesar Rp74,5 miliar sepanjang tahun lalu atau tumbuh drastis 177,9% dibandingkan dengan 2013 sebesar Rp26,8 miliar.

Dari total pendapatan itu, premi suretyship dan asuransi kredit perdagangan sebesar Rp10,9 miliar atau berkontribusi sekitar 14,7%.

Sementara itu, sepanjang tahun lalu penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) memang masih menjadi bisnis utama Askrindo.

Dia menyebutkan total imbal jasa penjaminan yang diterima Askrindo di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara mencapai Rp39 miliar pada 2014.

Ketika program KUR terhenti, Askrindo berupaya memperbesar bisnis penjaminan kredit ke sektor non-KUR. 

Selain membidik penjaminan kredit Kupedes Rakyat BRI, Askrindo Sulut juga menggandeng PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara (Bank Sulut) yang pada tahun ini berkomitmen untuk memperbesar portofolio kredit mikro.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper