Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Commonwealth Kaji Penerbitan Sertifikat Deposito

PT Bank Commonwealth tengah mengkaji untuk menerbitkan kembali negotiable certificate deposit (NCD) atau sertifikat deposito guna mendiversifikasi sumber pendanaan.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 16 Juni 2015  |  14:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Commonwealth tengah mengkaji untuk menerbitkan kembali negotiable certificate deposit (NCD) atau sertifikat deposito guna mendiversifikasi sumber pendanaan.

Rian Kaslan, EVP Head of Wealth Management and Business Strategy Bank Commonwealth, mengatakan perseroan masih mengkaji jumlah sertifikat deposito yang akan diterbitkan. "Kami akan terbitkan sesuai kebutuhan." tukasnya di Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dia menambahkan, sertifikat deposito merupaka instrumen yang cukup menguntungkan bank karena tingkat bunga yang relatif sama dengan deposito. Namun tenor dari instrumen ini lebih panjang dibandingkan deposito. "Tapi tetap NCD ini bukan untuk menggantikan DPK," katanya.

Di sisi lain, Rian menyebut, penerbitan NCD juga akan lebih menguntungkan bank jika Bank Indonesia merealisasikan rencana perluasan definisi simpanan. Alhasil, portofolio sertifikat deposito ke depan bisa digolongkan sebagai simpanan sehingga perhitungan loan to deposit ratio (LDR) bisa lebih longgar.

Sebelumnya, Bank Commonwealth telah menerbitkan sertifikat deposito dalam beberapa tahap. Jumlah seritifkat deposito yang akan jatuh tempo hingga akhir 2015 mencapai Rp1,405 triliun sedangkan jumlah yang akan jatuh tempo tahun depan mencapai Rp420 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

commonwealth bank sertifikat deposito
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top