Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sampoerna akan IPO pada 2019

PT Bank Sahabat Sampoerna berencana menggelar penawaran umum saham perdana pada 2019
Bank Sahabat Sampoerna
Bank Sahabat Sampoerna

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Sahabat Sampoerna, bank yang dimiliki kelompok usaha Sampoerna berencana menggelar penawaran umum saham perdana (initial public offering) pada 2019.

Ali Rukmijah, Direktur Utama Bank Sampoerna, mengatakan perseroan akan melantai di bursa jika posisi aset telah mencapai Rp20 triliun. Adapun, hingga Juni 2015 posisi aset mencapai Rp4,9 triliun atau tumbuh 78% secara tahunan.

"Kalau mau go public tahun depan bisa, tapi gak menarik bagi investor. Rencana kami, kalau aset sudah Rp20 triliun dan RoA [return on asset] 3%, itu menarik buat investor. Secara nasional, gak banyak bank yang punya RoA 3%," katanya di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Ali menyebut, perseroan setiap tahun perlu menumbuhkan aset lebih dari 50%. Pertumbuhan aset yang konsisten di level yang tinggi menurutnya bisa mengantarkan bank pada posisi aset Rp20 triliun pada 2019 mendatang.

Sebelum IPO, Ali menyebut komitmen pemilik tetap tinggi untuk mengucurkan modal. Dia mengatakan, di kuartal III tahun ini pemilik berniat menambah modal bank sekitar Rp165 miliar. Adapun, tahun lalu induk usaha telah menyuntikkan dana segar sebesar Rp130 miliar.

Sebagaimana diketahui, Bank Sampoerna dimiliki oleh Grup Sampoerna Strategic melalui PT Sampoerna Investama dan Grup Alfa melalui PT Cakrawala Mulia Prima.

Di sisi lain, hingga akhir tahun perseroan menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 100%. Per Juni 2015, pertumbuhan kredit perseroan mencapai 88% menjadi Rp3,79 triliun. Selain itu, Bank Sampoerna juga menargetkan perolehan laba bisa mencapai dua kali lipat dari realisasi hingga paruh pertama atau sekitar Rp57,84 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper