Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI BI: Pertumbuhan Simpanan Pada Kuartal IV Diproyeksi Melambat

Optimisme pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) industri perbankan pada kuartal IV/2015 diperkirakan masih cukup tinggi, meski melemah dari kuartal sebelumnya.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 12 Oktober 2015  |  17:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Optimisme pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) industri perbankan pada kuartal IV/2015 diperkirakan masih cukup tinggi, meski melemah dari kuartal sebelumnya.

Berdasarkan Survei Perbankan yang dipublikasikan Bank Indonesia, indikasi tersebut tercermin dari nilai SBT pertumbuhan kuartalan penghimpunan DPK sebesar 89,8%, lebih rendah dari 93,2% pada kuartal sebelumnya.

Melemahnya pertumbuhan DPK disebabkan oleh perkiraan melambatnya pertumbuhan deposito pada kuartal IV/2015, terutama pada kelompok bank besar.

"Perkiraan terjadinya penurunan suku bunga deposito menjadi faktor utama yang menghambat laju pertumbuhan DPK pada kuartal IV/2015," tulis Bank Indonesia seperti yang dikutip, Senin (12/10/2015).

Pertumbuhan DPK pada Agustus 2015 tercatat sebesar 13,2% (y-o-y), sedangkan pertumbuhan giro, tabungan, dan deposito masing-masing sebesar 23,6%, 4,2% dan 14,4%.

Rerata biaya yang dikeluarkan oleh bank atas dana nasabah yang ditempatkan atau cost of fund (CoF) dalam rupiah pada kuartal IV/2015 diperkirakan sebesar 6,76%, turun 4 basis poin dari kuartal sebelumnya.

Selain itu, biaya dana yang dioperasionalkan oleh perbankan untuk memperoleh pendapatan atau cost of loanable (CoLF) juga diperkirakan turun sebesar 3 bps menjadi 10,36%.

Berdasarkan data Bank Indonesia, suku bunga DPK pada Agustus 2015 tercatat sebesar 4,40% per tahun, turun 6 bps dari Juni 2015.

Sementara itu, suku bunga giro turun sebesar 7% menjadi 1,67% dan suku bunga deposito turun sebesar 16 bps menjadi 7,01%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

simpanan survei bi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top