Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2015, MNC Bank Raup Laba di Atas Rp8 Miliar

PT Bank MNC International Tbk. mengklaim sepanjang tahun lalu meraup laba hingga di atas Rp8 miliar.
Direktur Utama Bank MNC Benny Purnomo. /Bisnis.com
Direktur Utama Bank MNC Benny Purnomo. /Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank MNC International Tbk. mengklaim sepanjang tahun lalu meraup laba hingga di atas Rp8 miliar.
 
Direktur Utama MNC Bank Benny Purnomo mengatakan pencapaian ini sangat positif mengingat pada 2014 perseroan mencatatkan kerugian yang besar.
 
2014 itu kami minus Rp55 miliar, tahun lalu paling tidak laba itu minimal Rp8 miliar, itu unaudited, ujarnya, Selasa (9/2/2016).
 
Pencapaian ini, kata Benny, sejalan dengan penyaluran kredit perseroan yang agresif dan perbaikan rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL).
 
Menurutnya, per Desember 2015, penyaluran kredit BABP meningkat hingga 15% menjadi sekitar Rp7 triliun.
 
Adapun untuk NPL, lanjutnya, per Desember 2015 tercatat telah menurun menjadi 2,5% untuk gross setelah pada 2014 berada di posisi 5,8%, sedangkan NPL nett tercatat di posisi 2% atau turun dari 2014 yang sebesar 3,5%.
 
Sementara itu, Benny mengharapkan tahun ini perseroan dapat menjaga NPL di bawah 2%. Menurutnya, perseroan menerapkan berbagai strategi untuk menjaga NPL tersebut, seperti restrukturisasi atau lelang jaminan serta menyalurkan kredit dengan konsep prudent sesuai kaidah dan prosedur pemberikan kredit yang baik.
 
Dengan demikian NPL dari kredit yang baru ini diharapkan tidak ada, katanya.
 
Adapun untuk segmen kredit, Benny mengatakan pihaknya masih akan mengandalkan segmen konsumer dan ritel. Dia menambahkan komposisi kredit konsumer perseroan sebesar 55% dari total kredit, sedangkan 45% sisanya untuk segmen korporasi.
 
Dari sisi liabilitas, Benny mengatakan sepanjang tahun lalu penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perseroan tercatat bertumbuh 25% menjadi Rp9,7 triliun, dengan komposisi terbesar masih pada deposito sebesar 80% serta dana murah (current account saving account/CASA) sebesar 20%.
 
Sementara itu, tahun ini, MNC Bank menargetkan perolehan laba dan penyaluran kredit bakal lebih baik dari tahun lalu. Benny mengatakan perseroan menargetkan perolehan laba tahun ini dapat mencapai Rp20 miliar, sedangkan kredit ditarget bertumbuh hingga 15 %.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper