Antisipasi Lonjakan Harga, RNI Siapkan 100 Ton Gula Untuk Operasi Pasar

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melakukan operasi pasar untuk gula murah sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga gula di pasar dalam beberapa pekan terakhir.
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 12 Mei 2016  |  10:55 WIB
Antisipasi Lonjakan Harga, RNI Siapkan 100 Ton Gula Untuk Operasi Pasar
Rajawali Nusantara Indonesia. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melakukan operasi pasar untuk gula murah sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga gula di pasar dalam beberapa pekan terakhir.

Lewat operasi pasar tersebut, perusahaan pelat merah itu menjual gula di harga Rp12.500 per kilogram. Operasi pasar digelar di sepuluh titik di DKI Jakarta dan Bogor selama 12 Mei-13 Mei 2016.

Direktur Utama Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Didik Prasetyo mengatakan operasi pasar tersebut dilakukan untuk menstabilkan harga gula yang terus merangkak naik menjelang bulan Ramadan. Dengan harga gula yang lebih stabil diharapkan harga komoditas dan produk lainnya tidak ikut meningkat.

"Saat ini, kami fokus melakukan operasi pasar di sekitar Jabodetabek, menyusul akan dilakukan di beberapa tempat lain hingga bulan Ramadan. Meskipun saat ini masa giling baru akan dimulai minggu ketiga Mei 2016, stok gula di RNI masih cukup untuk melakukan operasi pasar. Namun, perlu strategi yang cermat dalam mendistribusikannya agar tepat sasaran," paparnya.

Dari sepuluh titik, delapan di antaranya berlokasi di Jakarta dan dua lainnya di Bogor. Untuk itu, perseroan menggandeng PD Pasar Jaya DKI Jakarta dan Bogor.

Selama dua hari itu, RNI mengalokasikan 100 ton gula merek Raja Gula. Tiap konsumen bisa membeli paling banyak 4 kilogram.

Didik melanjutkan operasi pasar merupakan hal rutin yang digelar RNI menjelang bulan puasa dan dilakukan oleh PT Rajawali Nusindo, anak usaha yang bergerak di bidang distribusi.

Berikut lokasi operasi pasar: Pasar Inpres Klender, Pasar Rawamangun, Pasar Pulogadung, Pasar Perum Klender, Pasar Palmerah, Pasar Grogol, Kopro, Pasar Cengkareng, Pasar Bogor, dan Pasar Anyar.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP), harga gula di pasar rata-rata sekitar Rp14.500 per kilogram. (AMA)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gula, rni

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top