Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Luncurkan Kartu Debit Masyarakat Indonesia Sejahtera

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meluncurkan Kartu Debit BRI Masyarakat Indonesia Sejahtera dalam rangka penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meluncurkan Kartu Debit BRI Masyarakat Indonesia Sejahtera dalam rangka penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.

Seperti diketahui, di tengah perekonomian nasional yang tumbuh pesat, Pemerintah RI terus berusaha untuk menyejahterakan masyarakatnya secara adil dan merata.

Satu diantaranya dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakatnya yang kurang beruntung secara tepat, cepat dan mudah.

Untuk mewujudkan itu Pemerintah diwakili Oleh Kementerian Sosial membentuk program e-Warung KUBE KMIS.

e-Warung KUBE KMIS merupakan kelompok usaha bersama yang diimplementasikan dalam bentuk Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera, dengan jaringan warung yang tersebar luas.

Agar program tersebut berjalan efektif dan dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok tanah air, Pemerintah RI yang dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng BRI sebagai salah satu BUMN perbankan yang memiliki lebih dari 10.500 unit kerja, lebih dari 23.000 jaringan ATM BRI dan lebih dari 60.000 Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Secara resmi program e-Warung KUBE KMIS diluncurkan pada hari Minggu, 31 Juli 2016. Hadir pada acara yaitu Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dan Direktur BRI Kuswiyoto. Dalam acara tersebut, Bank BRI juga turut meluncurkan Kartu Debit BRI Masyarakat Indonesia Sejahtera (MIS).

"Sebagai pilot project, peluncuran Kartu Debit MIS dilakukan di Kelurahan Wala walaya, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, yang ditandai dengan pemberian Kartu kepada 50 (lima puluh) orang yang merupakan perwakilan dari masyarakat setempat," ujar Corporate Secretary BRI Hari Siaga dalam keterangan resmi, Minggu (31/7/2016).

Hari menjelasakan Kartu Debit MIS merupakan kartu debit khusus yang dapat digunakan oleh masyarakat kurang beruntung yang sudah terdaftar di Kemensos untuk menerima bansos. Pemegang kartu tersebut dapat menggunakannya untuk bertransaksi melalui Agen BRILink, ATM BRI, unit kerja BRI konvensional atau pun berbelanja di e-Warung KUBE KMIS.

Sebagai informasi, ada berbagai bansos Pemerintah yang akan disalurkan melalui Kartu Debit BRI MIS. Yang pertama adalah bansos melalui Program Keluarga Harapan atau PKH.

Yang kedua adalah Bantuan Siswa Miskin melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dan yang ketiga adalah bansos dalam program Beras Sejahtera atau RASTRA. Seluruh bansos tersebut hanya diperuntukkan untuk keperluan non konsumtif, dimana nantinya semua jenis bansos hanya akan memanfaatkan satu kartu debit BRI MIS.

"Sebagai bank yang selama lebih dari satu abad berpengalaman dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi, BRI akan selalu aktif mendukung Pemerintah dalam menjalankan program-programnya untuk memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakatnya secara adil dan merata," kata Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper