Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maybank Indonesia Lanjutkan Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-57, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. meresmikan keberlanjutan program corporate responsibility bagi pemberdayaan wanita melalui micro financing dengan Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) yang dimulai sejak 2012.

Bisnis.com, JAKARTA--Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-57, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. meresmikan keberlanjutan program corporate responsibility bagi pemberdayaan wanita melalui micro financing dengan Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) yang dimulai sejak 2012. 

Melalui program CR ini, Maybank Indonesia melanjutkan dukungan dana bergulir sebesar Rp1 miliar kepada Yayasan Mitra Dhuafa (Yamida).

Selanjutnya, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) akan menyalurkan fasilitas dana bergulir tanpa agunan untuk usaha ekonomi mikro kepada 1.000 perempuan di tiga wilayah kabupaten yang berada di 3 provinsi. Dana bergulir ini selanjutnya akan dimanfaatkan bagi pengembangan usaha mikro seperti kerajinan, makanan, dan lain-lain.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan keberlanjutan program pemberdayaan perempuan merupakan komitmen perseroan untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat serta tumbuh dan berkembang bersama masyarakat selaras dengan misi humanising financial services.

"Pemberdayaan perempuan menjadi bagian dari salah satu pilar CR kami, yakni pemberdayaan masyarakat yang selain fokus pada pemberdayaan perempuan juga pada kelompok masyarakat marginal, kelompok pra sejahtera termasuk penyandang disabilitas dan anak-anak yatim piatu agar mereka dapat mandiri melalui program kewirausahaan,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (26/9/2016).

Taswin menambahkan melalui program CR pemberdayaan perempuan, Maybank Indonesia berharap dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan dengan memberdayakan perempuan atau ibu rumah tangga agar dapat mandiri secara ekonomi, membantu perempuan mendapatkan penghasilan tambahan serta meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia para perempuan khususnya dalam pengelolaan keuangan.

Dengan mengadopsi model pembiayaan Grameen Bank, program pemberdayaan perempuan Maybank Indonesia menyediakan pinjaman modal untuk perempuan Indonesia yang ingin membangun usaha. Dari pelaksanaan tahun 2012 hingga akhir 2015, program ini telah diikuti oleh lebih dari 6.821 perempuan pelaku UMKM.

Pelaksanaan program perempuan sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat tidak terlepas dari keprihatinan akan jumlah penduduk miskin di Indonesia yang mencapai 28,59 juta orang per Maret 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper