Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM: BI Bali Dorong Perbankan Salurkan Kredit ke 2 Sektror Ini

Penyaluran kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sektor pertanian dan pariwisata di Bali akan terus didorong oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.
Natalia Indah Kartikaningrum
Natalia Indah Kartikaningrum - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  19:34 WIB
Sarana wisata di Bali - Ilustrasi
Sarana wisata di Bali - Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR - Penyaluran kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sektor pertanian dan pariwisata di Bali akan terus didorong oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana, mengatakan hingga saat ini jika dilihat berdasarkan sektor ekonominya, pangsa kredit UMKM terbesar masih didominasi oleh sektor perdagangan dengan share sebesar 60,75% dari keseluruhan pangsa kredit UMKM di Bali.

“Bali sudah terbaik dalam menyalurkan kreditnya kepada UMKM namun masih banyak di sektor perdagangan, sehingga kami dorong ke sektor pertanian dan juga pariwisata. Kami melihat sektor ini besar tetapi pembiayaannya kecil dan hal ini akan kami jembatani dimana masalahnya,” ujarnya di Denpasar, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, sektor pertanian merupakan peluang yang cukup besar karena pertanian di wilayah Bali sendiri pun besar. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti OJK, Dinas Pertanian guna menjembatani hal tersebut.

“Kami juga sudah mengimbau para petani agar mereka menyampaikan permasalahan pokok atas pembiayaan yang dihadapinya mulai dari petani bawang, cabai, beras, maupun peternak sapi. Bahkan mereka juga bisa menyampaikan siklus pembiayaan seperti apa yang diharapkan sehingga lembaga pembiayaan bisa mencari model yang pas bagi mereka,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyaluran kredit
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top