Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Pimpin Langsung Komite Nasional Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), setelah terbitnya Perpres mengenai institusi tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Oktober 2016  |  01:29 WIB
Presiden Joko Widodo - Reuters
Presiden Joko Widodo - Reuters

Bisnis.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), setelah terbitnya Perpres mengenai institusi tersebut, kata Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo di sela acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (29/10/2016).

Agus mengatakan Perpres tersebut rencananya akan ditandatangani bulan depan dan menjadi dasar hukum pembentukan KNKS.

"Kami telah menggelar high level meeting untuk persiapan terbitnya Perpres KNKS, dan juga telah selesai ditandatangani menteri terkait, serta sudah dikirim ke kantor presiden," katanya.

Agus mengatakan keberadaan KNKS dipersiapkan untuk menghadapi tantangan sektor perekonomian syariah, mulai sektor umum, keuangan, perbankan, asuransi, pasar modal, serta pengelolaan dana tabungan haji yang dikelola Kementerian Agama.

Selain itu, termasuk bagaimana kordinasi antarlembaga dan upaya yang direkomendasikan ke depan bagi perekonomian syariah.

"Banyak pembahasan juga tentang kesiapan sumber daya manusia, karena untuk mengembangkan keuangan syariah perlu mempersiapkan SDM yang bisa mengelola dengan baik," lanjutnya.

Agus mengaku kesiapan sistem dan regulasi ekonomi dan keuangan syariah saat ini juga perlu ditingkatkan, khususnya terkait tata kelola sebab porsi sektor keuangan syariah dinilai belum cukup berkembang.

Sementara itu saat ini, urainya, sektor perbankan syariah baru mengambil porsi sekitar 4,8 persen, meski ekonomi syariah memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar.

"Oleh karena itu, untuk menetapkan langkah strategis ke depan dilakukan koordinasi, dan Presiden Jokowi langsung yang akan menentukan dan menyiapkan agar bisa tumbuh dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang," ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah KNKS

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top