Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Kembangkan Desa Wisata di Sekitar Candi Borobudur

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membangun balai ekonomi desa (Balkondes) di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 11 Januari 2017  |  18:53 WIB
Kawasan wisata candi Borobudur - Ilustrasi/Antara
Kawasan wisata candi Borobudur - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MAGELANG - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membangun balai ekonomi desa (balkondes) di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pembangunan balkondes di desa ini dilatarbelakangi oleh sektor pariwisata yang saat ini tengah menjadi primadona perekonomian Indonesia. Pada 2019, sektor pariwisata ditargetkan menjadi penghasil devisa terbesar bagi Indonesia. 

Seremoni peletakan batu pertama pembangunan Balkondes BRI dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, serta Direktur bank milik negara lainnya.

Dalam sambutannya, Rini berharap desa di sekitar wilayah Borobudur dapat lebih memanfaatkan potensi wisata yang ada melalui balkondes ini.

"Dengan demikian kesejahteraan warga desa Tanjung Sari dan seluruh wilayah Borobudur dapat meningkat," katanya di Magelang, Rabu (11/1/2017).

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan perseroan bersinergi dengan BUMN lain melalui BUMN Hadir untuk Negeri yang berkomitmen mengembangkan kawasan Candi Borobudur dengan membangun 20 balkondes di 20 desa yang bertujuan meningkatkan perekonomian di kawasan ini.

"Balkondes merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas yang selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata," katanya.

Konsep balkondes sendiri, lanjut Hari, didukung penuh oleh BRI karena terdapat pengembangan bisnis UMKM yang selaras dengan core business perseroan.

Desa Tanjung Sari dipilih menjadi Balkondes BRI karena memiliki potensi home industry pembuatan tahu, pembuatan suvenir dan seni Jathilan.

Dilengkapi dengan pendopo utama, limasan, artshop, gazebo, Musholla, toilet, panggung utama dan homestay, masyarakat bisa memanfaatkan semua infrastruktur yang ada dalam kaitannya meningkatkan potensi desa wisata.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank rakyat indonesia DESA WISATA
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top