Industri Fintech: Modalku Ekspansi ke Surabaya

Perusahaan tekfin Modalku yang bergerak di bidang pinjam meminjam langsung (peer to peer lending) memperluas jangkauan pelayanan ke Surabaya, Jawa Timur.
Fitri Sartina Dewi | 17 Mei 2017 13:00 WIB
Ilustrasi - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan finansial teknologi (Tekfin) Modalku yang bergerak di bidang pinjam meminjam langsung (peer to peer lending) memperluas jangkauan pelayanan ke Surabaya, Jawa Timur.

Sebelumnya, Modalku hanya melayani permintaan pinjaman khususnya kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung melalui kantor-kantor perwakilan resmi di wilayah setempat.

Co-Founder dan COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan dengan perluasan jangkauan yang dilakukan, pihaknya berharap akan lebih banyak UKM yang bisa mengakses pendanaan untuk modal usaha melalui proses aplikasi online dengan waktu yang singkat dan persetujuan yang cepat.

Menurutnya, peminjam UKM dapat mendaftar untuk pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp2 miliar dan tenor hingga 24 bulan. Dia menjelaskan, hingga saat ini Modalku telah menyalurkan pinjaman Rp154 miliar kepada 273 UKM.

“Kami melihat potensi besar di Surabaya, karena Surabaya adalah kota terbesar nomor dua di Indonesia dan pasar UKM setempat sedang berkembang pesat, tetapi masih banyak UKM lokal yang sulit berkembang karena kurang modal usaha. Kami harap keberadaan Modalku dapat menjadi solusi bagi UKM Surabaya,” kata Iwan melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Rabu (17/5/2017).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan UKM merupakan tulang punggung ekonomi negara yang perlu mendapatkan dukungan. Pasalnya, sektor tersebut  menyumbang sekitar 60,3% dari pendapatan negara dan mempekerjakan 97% dari tenaga kerja nasional. Namun sayangnya kebutuhan modal usaha UKM sering kurang cocok dengan produk pinjaman yang ditawarkan institusi keuangan konvensional.

“Dengan ekspansi Modalku ke Surabaya, kami berharap dapat meneruskan visi kami memberdayakan UKM lokal serta ikut memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Modalku merupakan penyedia layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial yang mempertemukan pelaku UKM dengan pencari investasi alternatif melalui pasar digital. Menurut Iwan, dengan mendanai pinjaman yang dibutuhkan UKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat pengembalian menarik.

Di sisi lain, UKM dapat mengembangkan usahanya dari pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan tenor jangka pendek dan proses online yang mudah dan cepat.

Tag : pembiayaan, Modalku
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top