Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danamas Salurkan Pinjaman Rp163 miliar

Bisnis.com, JAKARTADanamas, platform layanan keuangan pinjam meminjam langsung atau peer-to-peer lending berbasis teknologi informasi (tekfin) dari PT Pasar Dana Pinjaman, merealisasikan pinjaman senilai Rp163 miliar hingga akhir Juni 2017.
Financial Technology (Fintech)/channelasia
Financial Technology (Fintech)/channelasia

Bisnis.com, JAKARTA—Danamas, platform layanan keuangan pinjam meminjam langsung atau peer-to-peer lending berbasis teknologi informasi (tekfin) dari PT Pasar Dana Pinjaman, merealisasikan pinjaman senilai Rp163 miliar hingga akhir Juni 2017.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (13/7/2017), unit usaha dari Grup Sinar Mas ini tercatat merealisasikan 26.978 kali pinjaman sejak awal berdiri hingga Juni 2017. Nilai pinjaman mencapai Rp163 miliar dengan jumlah peminjam sebanyak 3.232 orang.

“Peminjam lunas tercatat sebanyak 24,112 kali dengan nilai pinjaman lunas sebesar Rp 150 miliar. Sedangkan jumlah pemodal terdaftar tercatat sebanyak 1,269 orang,” tulis keterangan resmi tersebut.

Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto mengatakan pihaknya berharap kehadiran Danamas dapat menciptakan lebih banyak pengusaha kecil di seluruh wilayah Indonesia, tanpa harus khawatir terhalang masalah lokasi, transportasi dan waktu.

“Pinjam meminjam dapat dilakukan 24 jam sepanjang hari dan malam,” ungkapnya.

Menurutnya, imbal hasil atau return yang didapat pemodal dari mendanai peminjam dalam layanan Danamas sangat menarik sebab berada di atas tingkat bunga deposito bank. Danamas, jelasnya, memakai manajemen risiko kredit dengan Big Data sehingga risiko kredit macet sangat kecil.

“Pemodal juga dijamin oleh asuransi kredit sehingga bila ada kredit yang bermasalah, akan segera mendapat penggantian sebesar 70% dari pokok pinjaman,” ujarnya.

Sulistiyanto mengatakan siapa pun bisa menjadi pemodal di Danamas, sepanjang memiliki akses dengan jaringan internet. Untuk menjadi pemodal dan peminjam, ungkapnya, cukup mendaftar melalui website Danamas. Selain itu, para pemodal dan calon pemodal dapat memanfaatkan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh.

“Perusahaan akan terus menambahkan fitur-fitur baru dan jangkauan pelayanan termasuk di dalamnya bagi pengguna smartphone berbasis IOS.”

Adapun, Danamas telah mendapatkan izin OJK dalam Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK No: Kep-49/D.05/2017 Tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi PT Pasar Dana Pinjaman tanggal 6 Juli 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper