Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mandiri Sekuritisasi Aset Tol Jagorawi Senilai Rp2 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana melakukan sekuritisasi beberapa ruas tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dengan total nilai Rp2 triliun sampai Rp3 triliun.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 25 Juli 2017  |  15:45 WIB
Kendaraan antre membayar tol di gerbang Tol Cibubur, Jagorawi, Jakarta, Jumat (5/5). - Antara/Yulius Satria Wijaya
Kendaraan antre membayar tol di gerbang Tol Cibubur, Jagorawi, Jakarta, Jumat (5/5). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana melakukan sekuritisasi beberapa ruas tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dengan total nilai Rp2 triliun sampai Rp3 triliun.

Aksi itu sebagai salah satu strategi untuk menyokong pembiayaan proyek perusahaan pelat merah operator jalan tol tersebut.

Senior Vice President Corporate Banking 2 Group Bank Mandiri Dikdik Yustandi mengatakan, rencana sekuritisasi itu terkait dengan pembiayaan proyek tol Trans Java yang dijalankan Jasa Marga dengan membuat subholding dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

“Sekuritisasi ini tahap pertama dengan underlying Tol Jagorawi [Jakarta – Bogor – Ciawi] dengan nilai sekitar Rp2 triliun,” ujarnya setelah acara Indonesia Infrastructure Finance Forum pada Selasa (25/7).

Adapun, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, dalam pendanaan infrastruktur dibutuhkan inovasi, salah satunya adalah lewat project bond. Seperti, pembiayaan pada operator jalan tol, perseroan akan memilih ruas tol yang memiliki arus kas paling bagus untuk dijadikan jaminan.

“Ini sudah disetujui Otoritas Jasa Keuangan, jadi satu dan dua bulan ke depan bisa kami lakukan. Nanti, dananya kami tawarkan ke perusahaan dana pensiun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam merealisasikan itu masih menemui beberapa tantangan seperti, dana pensiun yang meminta biaya lebih tinggi dibandingkan surat utang dengan struktur korporasi.

“Padahal ini instrumen inovasi, tetapi malah ditawar pricing yang lebih tinggi bukannya lebih rendah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri Sekuritisasi Aset
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top