Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Apa yang Dikenal Uang, Gratitude atau Regret?

Seumur hidup kita diberi mimpi bahwa suatu saat kita bahagia. Punya keluarga yang harmonis, rumah impian, harta berlimpah dan lainnya. Ketika itu uang milik Anda banyak banget, Anda kaya raya.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Seumur hidup kita diberi mimpi bahwa suatu saat kita bahagia. Punya keluarga yang harmonis, rumah impian, harta berlimpah dan lainnya.  Ketika itu uang milik Anda banyak banget, Anda kaya raya.

Itu mimpinya. Akan tetapi, hidup tidak seperti yang diimpikan, jauh dari hal manis yang kita bayangkan.  Beberapa kesempatan kita ketemu orang kaya malah kita kejedot, keinjak atau minimal dikudain.  Mengapa?

Kekayaan itu adalah kekuasaan.  Misalnya begini,  ketika miskin rumah Anda menghadap ke depan,  tengok tetangga kiri kanan, kulonuwun, punten,  ketemu nenek tetangga pipi Anda dicium.  Ya toh,  kita bersyukur.

Tetapi, kekayaaan, uang tidak mengenal #gratitude, uang tidak mengenal rasa bersyukur.

Anda kerja ikut bos selama 10 tahun,  Apakah bos merasa berterima kasih kepada Anda?  Tidak semuanya.  Uang tidak mengenal rasa terima kasih.

Jadi rumahnya orang kaya itu ciri-cirinya menghadap ke belakang.  Pintu depan senantiasa terkunci,  tertutup pintu tebal, suara geledek,  suara keramaian tidak tembus ke dalam,  karena jendela dibuka lebar ke halaman belakang.

Kekuasaan itu sifatnya melindungi kekuasaannya.  Bila ada kesempatan Anda memperoleh uang banyak,  itu pasti dengan syarat bos mampu menariknya kembali.

Suatu saat Anda ketemu malaikat,  dan memperoleh kekuasaan dan kekayaan.  Wow pasti hebat kekuasaan kekayaan Anda luar biasa.  (malaikat mencolek anda,  "Maaf Pak,  Anda tiba di surga,  jadi Anda sudah wafat.")

Jadi uang itu hanya mengenal #regret.

Ada teman saya yang kaya luar biasa memperoleh uang franchise ratusan miliar,  sekarang bercerai dan dilaporkan polisi pasal berzinah.  Alhasil kisah cerita kekuasaan kekayaan jaman old hanyalah penyesalan.

Bila suatu saat Anda ketemu orang kaya dan Anda diberi kekayaan kekuasaan luar biasa,  pasti bos mencapai titik penyesalan,  misalnya bos menghadapi masalah anak-anaknya yang membangkang. 

Ini disebut Cleopatra complex orang kaya memiliki sifat ingin menang,  termasuk melawan ayahnya sendiri.  Di saat itu barulah mereka butuh pertolongan Anda.  Dan tentu reward-nya harta,  toh harta tidak ada artinya lagi pada level #regret_penyesalan

Syaratnya Anda ketemu orang kaya pada level regret penyesalan itu adalah melalui pintu kecil.  Pintu rahasia masuk ke halaman belakang rumahnya. Itu disebut pintu iba, #pintu_regret_penyesalan.

Tuhan mengajarkan keihklasan,  tawakal dan taqwa supaya kita dibukakan pintu iba. Tanpa pintu iba, Anda senantiasa memandang pintu depan yang kokoh dan terkunci,  itu #pintu_gratitude. Pintu itu terkunci rapat-rapat.

Penulis:

Ir Goenardjoadi Goenawan,  MM

Penulis buku seri "Money Intelligent", buku “New Money”, dan e-book "Hidup adalah Pemekaran Berkah"

Dapatkan e-book "Kekuasaan adalah Key Driving Force Uang" [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper