Begini Cara Tepat Mengatur Keuangan bagi Wanita

Wanita harus bisa menjadi manajer keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun keluarganya. Untuk itu, beberapa tip di bawah ini akan membantu Anda untuk membuat Anda menjadi manajer keuangan yang baik.
Nindya Aldila | 23 Januari 2018 13:01 WIB
Ilustrasi - Briozone

Bisnis.com, JAKARTA -  Wanita harus bisa menjadi manajer keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun keluarganya. Untuk itu, beberapa tip di bawah ini akan membantu Anda untuk membuat Anda menjadi manajer keuangan yang baik.

Kesetaraan gender di lingkungan saat ini membuat wanita harus bertindak secara multitasker. Mereka harus bisa bekerja dan mengerjakan pekerjaan rumah termasuk merencanakan keuangan dengan baik. Dikutip dari Investopedia, ikuti tip di bawah ini agar menjadi perencana keuangan yang baik

1. Jangan pasif

Jika Anda sudah memiliki keluarga, Anda harus bisa yang berperan untuk mengatur keuangan. Jangat bebankan keputusan keuangan kepada pasangan Anda. Dengan begitu Anda akan lebih cakap dalam memprediksi kebutuhan jangka panjang dan bertahan di saat krisis.

2. Cermati setiap peluang investasi

Jangan cepat menentukan investasi tanpa memikirkan terutama terkait return-nya terlebih dahulu. Return sangat berguna untuk memonitor pendapatan dan aset Anda. Tanyakan kepada diri Anda apakah Anda sudah melakukan belanja dengan tepat dan menabung pada tempat yang menguntungkan.

3. Monitor aset

Selalu lakukan pengecekan pada akun tabungan, investasi, dan asuransi Anda. Anda harus tahu di mana Anda menyimpan dokumennya dan berapa jumlahnya.

Selain itu, monitor juga aset yang Anda gunakan untuk masa pensiun Anda nanti.

4. Jangan terlalu konservatif

Wanita cenderung lebih konservatif dalam hal investasi, dan mereka sering lebih fokus untuk membantu orang lain daripada diri pada menghadiahi diri mereka sendiri. Pastikan Anda tidak kehilangan peluang investasi karena terlalu konservatif.

Tag : Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top