Grab Gandeng Credit Saison Layani Pembiayaan dan Pinjaman Keuangan

Grab, sebuah perusahaan teknologi penyedia layanan transportasi online mengumumkan telah menjalin kerjasama dengan perusahaan kartu kredit asal Jepang, Credit Saison Co.Ltd. untuk memberikan jasa pembiayaan dan layanan pinjaman di wilayah Asia Tenggara.
Puput Ady Sukarno | 14 Maret 2018 02:21 WIB
Logo angkutan online Grab - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, SINGAPURA - Grab, sebuah perusahaan teknologi penyedia layanan transportasi online mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan kartu kredit asal Jepang, Credit Saison Co.Ltd. untuk memberikan jasa pembiayaan dan layanan pinjaman di wilayah Asia Tenggara.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Managing Director Grab Financial, Jason Thompson disela acara Money 20/20 Asia di Marina Bay Sands Convention Avenue, Singapura, Selasa (13/3).

Menurutnya hasil dari kerjasama yang dilakukan antar kedua perusahaan tersebut melahirkan perusahaan joint venture yang bernama Grab Financial. Layanan terbaru itu akan menawarkan produk pembiayaan mikro.

Layanan terbaru itu akan memanfaatkan jaringan Grab dari jutaan konsumen dan pelaku usaha kecil di kawasan Asia Tenggara. Meskipun secara khusus mereka akan fokus pada masyarakat yang selama ini belum terlayani perbankan tradisional.

Dengan keahlian Credit Saison dalam menganalisis kredit dan pinjaman pada konsumennya, Grab Financial akan meemanfaatkan sekitar 2,6 juta mitra pengemudinya saat ini, serta jutaan konsumen dan pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di Aisa Tenggara.

Perusahaan patungan ini juga akan memberikan layanan pemberian kredit yang bisa digunakan oleh lembaga keuangan untuk menciptakan produk alternatif seperti kartu kredit virtual.

Grab juga akan mengkonsolidasikan semua layanan keuangannya itu dalam satu platform, di mana nantinya akan berkisar pada layanan pembayaran hingga layanan penghargaan dan loyalitas.

"Ini adalah pemberitahuan perdana kami,” kata Jason Thompson yang juga Direktur Grab Financial Services Asia itu. Pihaknya berharap layanan terbaru dari Grab tersebut dapat hadir di setiap negara di Asia Tenggara pada tahun ini juga.

Layanan yang akan hadir dalam bentuk kredit modal kerja, akan tersedia terlebih dahulu untuk driver sebelum di luncurkan kepada pelaku usaha maupun konsumennya. Sementara itu pada kesempatan yang sama, Co-founder and Chief Executive Officer Grab Anthony Tan mengakui bahwa saat ini banyak pihak yang masih belum terjamah layanan keuangan di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Grab melihat adanya peluang pembiayaan mikro tersebut.

Sementara itu, selain dengan Credit Saison, Grab juga mengumumkan telah bermitra dengan Chubb Ltd, sebuah perusahaan asuransi global untuk menawarkan pertanggungan asuransi kepada 2,6 juta pengemudi Grab.

Produk asuransi itu meliputi asuransi mobil, kehilangan perlindungan pendapatan dan kecelakaan pribadi serta rencana keluarga. Adapun, Grab kini beroperasi di delapan negara di Asia Tenggara.

Grab mengklaim aplikasinya kini telah diunduh di lebih dari 86 juta perangkat seluler. Selama ini, selain transportasi, Grab juga menawarkan layanan makanan dan pengiriman.

Tag : jasa angkutan online
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top