Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Taspen Klaim Siap Kelola Dana Pensiun dengan Skema Gaji PNS Baru

PT Taspen (Persero) terlibat dalam perumusan pemayaran pensiun dengan skema fully-funded yang digagas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).Direktur Umum Taspen Iqbal Latanro mengklaim pihaknya siap untuk mengelola dana pensiun dengan skema baru tersebut."Kami siap, karena itu kan pemerintah mempunyai skema, preminya ditingkatkan untuk memperoleh manfaat yang lebih tinggi, saya pikir itu wajar," kata Iqbal di Jakarta, Selasa (27/3/2018).
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 Maret 2018  |  22:33 WIB
Uang rupiah. - Bloomberg/Brent Lewin
Uang rupiah. - Bloomberg/Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - PT Taspen (Persero) terlibat dalam perumusan pembayaran pensiun dengan skema fully-funded yang digagas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Direktur Umum Taspen Iqbal Latanro mengklaim pihaknya siap untuk mengelola dana pensiun dengan skema baru tersebut.

"Kami siap, karena itu kan pemerintah mempunyai skema, preminya ditingkatkan untuk memperoleh manfaat yang lebih tinggi, saya pikir itu wajar," kata Iqbal di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Menurutnya, perubahan skema pembayaran pensiun tersebut tak banyak berpengaruh terhadap kinerja Taspen, selain dana kelolaan yang akan bertambah.

"Dana kelolaan kami naik, Insya Allah infrastruktur kami bisa untuk melakukan dengan baik," lanjutnya.

Diketahui selama ini, PNS membayar iuran sebesar 4,75 persen dari gaji setiap bulan sebagai dana pensiun. Namun, jumlah iuran tersebut tidak dapat menutupi besaran pensiunan PNS yang besarnya 75 persen dari gaji pokok, sehingga membebani APBN.

Skema fully-funded yang digagas pemerintah diharapkan tak lagi membebani APBN sebab tidak didasarkan pada gaji pokok sebagai definisi gaji. Besarannya dihitung dari beban dan tanggung jawab serta risiko pekerjaan.

Kemenpan RB berencana menerapkan sistem tersebut pada tahun ini bagi PNS yang baru diterima. Sedangkan bagi PNS yang sudah lama bekerja, akan diterapkan dua skema pembayaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

taspen
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top